Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tanaman Hias Berbentuk Unik dan Langka untuk Mempercantik Hunian Anda

Design17 January 2022

By Clara Enocensia

Tanaman Hias Berbentuk Unik dan Langka untuk Mempercantik Hunian Anda

Tanaman hias merupakan salah satu elemen penting untuk membuat rumah terlihat cantik.


Salah satu cara untuk menghidupkan suasana hunian atau taman supaya lebih asri yaitu dengan menanam tanaman hias. Tak hanya itu, tanaman hias juga merupakan salah satu elemen penting untuk membuat rumah terlihat cantik.

Keberadaannya bisa memberikan nuansa sejuk dan segar. Meskipun memiliki banyak varietas, beberapa jenis tanaman hias unik yang jarang dijumpai berikut ini bisa menjadi pilihan Anda. Mari simak ulasan berikut.

1. Kantong Semar

Ini adalah tanaman karnivora yang berasal dari Filipina. Tanaman ini dapat membuat mangsa terperangkap pada kantong lonjong yang menjuntai dari sulur yang menempel pada daun hijaunya, untuk disekresikan sebagai sumber energi.

Karena tanaman kantong semar beradaptasi untuk menangkap nutrisinya sendiri, gunakan tanah ringan yang terdiri dari setengah lumut sphagnum dan setengah perlit. Selain itu, jaga agar tanah tetap lembap secara konsisten.

2. Kerang Lavender

Kerang lavender atau juga yang disebut dengan nama Bryophyllum fedtschenkoi. Tanaman ini berdaun tegak, memiliki unsur warna krem dan hijau, serta tepi daun yang bergerigi.

Tanaman hias ini juga memiliki karakter daun yang menarik. Jika diletakkan di bawah matahari langsung, daunnya akan berubah menjadi merah.

3. Anggrek Hitam Papua

Anggrek hitam khas Papua ini memiliki warna ungu pekat, sementara bagian tengahnya berwarna pink cerah.

Selain itu, bunga ini juga termasuk tanaman yang langka dan sulit ditemukan, sehingga memiliki nilai jual yang cukup mahal. Tanaman hias ini dibanderol dengan harga Rp100 juta.

4. Chinese Black Bat Flower

Tanaman hias dengan nama ilmiah Tacca chantrieri ini berwarna hitam dengan diameter mekar mencapai 30 cm.

Ciri lainnya yang unik dari tanaman ini adalah disekeliling inti bunganya terdapat kumis-kumis yang menjuntai dengan warna hitam gelap yang dapat mencapai 1 meter panjangnya.