Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tampilan Cantik serta Rasa yang Lezat, Inilah Dessert Terpopuler Khas Arab Saudi

Wine & Dine13 January 2022

By Clara Enocensia

Tampilan Cantik serta Rasa yang Lezat, Inilah Dessert Terpopuler Khas Arab Saudi

Dengan rasa yang legit dan manis, hidangan penutup khas Arab ini kerap menjadi pendamping kopi atau teh.


Dessert atau hidangan penutup merupakan sajian yang yang selalu ditunggu-tunggu kehadirannya. Hidangan ini tidak pernah dilewatkan setiap akhir acara makan, maupun sebagai camilan di sore hari. Ini lah dessert khas Arab Saudi yang terkenal lezat dan populer di berbagai belahan dunia.

1. Umm Ali

Makanan manis ini sudah ada sejak zaman dinasti Ayyubiyah. Dessert yang berasal dari Mesir ini terbuat dari phyllo pastry kemudian diolah dengan tambahan susu, krim kental dan kacang-kacangan. Pada bagian topping kerap ditaburi kismis, gula bubuk dan parutan kelapa kering. Rasanya didominasi manis sehingga cocok dijadikan makanan penutup.

2. Baklava

Baklava merupakan pencuci mulut yang terbuat dari filo pastri, kacang yang dihaluskan kemudian diatasnya dituangkan sirup manis atau madu.

3. Maamul

Maamul adalah semacam cookies khas Arab dengan isian kacang pistaschio atau kacang walnuts. Selain gurihnya kacang, maamul juga beraroma khas yang berasal dari air mawar dan air bunga jeruk. Maamul semakin manis dengan taburan gula halus.

4. Kunafa

Kunafa merupakan kue yang terbuat dari adonan tepung semolina dan filo pastri. Isiannya biasanya berupa keju putih lembut namun terkadang buah seperti mangga pun dijadikan pengganti isian kudapan enak ini. Tambah lezat lagi saat kunafa yang gurih ditambah dengan lelehan sirup manis.