Share
Tak Hanya untuk Kesehatan, Bunga Saffron Miliki Banyak Manfaat untuk Kecantikan
Dewi Anggriani Siregar
17 January 2023

Beberapa waktu ke belakang Anda tentu sudah tidak asing lagi mendengar nama bunga saffron. Kerap digunakan dalam kandungan skincare, bunga safron memiliki banyak manfaat untuk kecantikan.


Bunga yang memiliki nama latin Crocus sativus ini merupakan bunga yang memiliki aroma kuat dan warna yang khas. Bunga safron biasanya digunakan sebagai rempah-rempah dan kesehatan. Safron dikenal sebagi salah satu rempah-rempah paling mahal di dunia karena dibutuhkan banyak tenaga untuk memproduksi dan memanennya.

Tidak hanya memiliki banyak manfaat untuk kesehatan, benang-benang yang berasal dari dalam bunga saffron ini juga banyak mengandung vitamin dan antioksidan yang baik untuk pembentukan dan pertunjukan sel kulit wajah.

Mencerahkan Wajah

Masker wajah dari saffron dan minyak esensial mampu meningkatkan sirkulasi darah pada kulit serta membuatnya tampak lebih bercahaya. Kandungan asam lemak dari minyak esensial mampu menyerap ke dalam kulit dengan baik.

Menghilangkan Bekas Jerawat

Saffron memiliki sifat antifungal dan kandungan anti-bakteri serta anti-peradangan yang dapat membantu mengatasi jerawat dan breakout pada kulit.

Melindungi Dari Sinar UV

Senyawa antioksidan, seperti kaempferol dan quercetin yang terdapat di dalam bunga saffron mampu membantu menangkal efek samping dari paparan sinar ultraviolet.

Menghambat Pigmentasi Kulit

Saffron juga dapat menghambat pigmentasi seperti noda gelap dan warna kulit tidak merata. Dikutip dari Celebrities, sebuah penelitian yang dipublikasikan dalam Tropical Journal of Pharmaceutical Research menyatakan, senyawa crocin mampu menurunkan melanin. Kandungan tersebut bisa menekan tirosinase, yaitu enzim penting untuk memproduksi melanin. Makin sedikit melaninnya, semakin kecil resikonya untuk mengalami pigmentasi kulit.