Share
Tak Hanya Segar, Kenali Berbagai Manfaat Lemon Bagi Tubuh
Hamidah Khansa Sabila
26 October 2022

Selain memiliki warna yang cerah dan rasa yang segar, lemon memiliki berbagai manfaat bagi kesehatan tubuh.


Lemon adalah buah dari keluarga jeruk yang kaya akan berbagai vitamin dan mineral yang penting untuk tubuh, seperti vitamin A, vitamin B6, dan vitamin C.

Selain memiliki warna yang cerah, rasa yang segar dan wanginya yang harum, lemon dapat digunakan untuk berbagai kebutuhan, dari dressing salad hingga hiasan pelengkap makanan.

Selain kegunaan-kegunaan tersebut, lemon memiliki banyak manfaat bagi kesehatan bagi tubuh seperti yang dikutip dari healthline berikut ini:

1. Mengurangi Resiko Kanker

Menurut studi, orang-orang yang lebih sering mengkonsumsi buah jeruk memiliki resiko kanker lebih rendah dari yang jarang mengkonsumsinya. Dalam studi lain, senyawa-senyawa/zat zat yang terdapat dalam lemon, seperti limonene dan naringenin mempunyai efek antikanker dan dapat membunuh sel kanker.

2. Meningkatkan Kesehatan Pencernaan

Serat larut, serat utama dalam lemon, dapat meningkatkan kesehatan usus dan memperlambat pencernaan gula-gulaan dan pati. Hal tersebut dapat menghasilkan penurunan kadar gula darah dalam tubuh.

3. Melindungi Tubuh dari Anemia

Walaupun bukan sumber utama, lemon dapat membantu penyerapan zat besi oleh usus. Penyerapan zat besi dapat ditingkatkan oleh konsumsi vitamin C dan asam sitrat, senyawa yang dimiliki oleh lemon.

4. Mendukung Kesehatan Jantung

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa mengkonsumsi buah-buahan dan sayur-sayuran yang kaya akan vitamin C dapat mengurangi resiko penyakit jantung dan stroke. Selain kaya akan vitamin C, serat dan senyawa yang terdapat dalam lemon dapat mengurangi resiko penyakit jantung secara signifikan.