Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tak Hanya Nikmat, Ini 3 Khasiat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh

Wellness01 October 2021

By Annisa Indah

Tak Hanya Nikmat, Ini 3 Khasiat Teh Oolong untuk Kesehatan Tubuh

Teh yang memiliki rasa dan aroma yang unik sebagai teh semi-fermentasi ini ternyata tak hanya nikmat untuk diminum, tapi ternyata memiliki berbagai khasiat untuk tubuh.


Teh oolong merupakan teh yang daunnya dipetik dan dibiarkan layu dan berfermentasi (alias teroksidasi) sebagian sebelum dikeringkan. Berbeda dengan teh hijau yang tidak teroksidasi atau tidak terkena oksigen dalam waktu yang lama selama pembuatannya, dan juga teh hitam, yang sepenuhnya teroksidasi sebelum dikeringkan.

Teh oolong hanya teroksidasi sebagian, sehingga warna dan kekuatan rasanya tergantung pada berapa lama oksidasi berlangsung. Namun, oolong yang paling berharga berwarna bening dan terang saat diseduh dan sedikit rasa pir atau persik.

Manfaatnya untuk Kesehatan
- Memperbaiki pencernaan
Menurut data, pada dasarnya teh hitam, teh hijau, dan teh oolong semua dapat meningkatkan pertumbuhan bakteri menguntungkan di usus manusia, sehingga meningkatkan kesehatan usus.

- Anti inflamasi
Dilansir dari realsimple.com, teh oolong mengandung senyawa khas yang disebut theasinensins, yang merupakan kelompok polifenol teh (antioksidan kuat) yang telah terbukti memiliki khasiat meningkatkan kesehatan.

- Meredam stres
Semua teh mengandung asam amino L-theanine dan kafein, yang oleh riset telah dikaitkan dengan peningkatan relaksasi, ketegangan, dan ketenangan. Studi juga menemukan bahwa L-theanine dan kafein membantu untuk fokus dan memori dan meminimalkan gangguan.