Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Tak Hanya Menyejukkan, Inilah Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Wellness01 March 2021

By Annisa Laksmintari

Tak Hanya Menyejukkan, Inilah Manfaat Mandi Air Dingin untuk Kesehatan

Mandi merupakan kegiatan wajib sehari-hari. Terutama bagi kita yang tinggal di daerah tropis ini, disarankan mandi 2 kali sehari agar terhindar dari berbagai masalah kesehatan, seperti infeksi jamur pada kulit.


Tak dapat dipungkiri, mandi air dingin di pagi hari terasa menyegarkan, membuat terasa lebih melek, dan juga meningkatkan mood untuk memulai hari. Meskipun mandi dengan air dingin tidak terkesan memiliki efek rileks, namun ternyata manfaat kesehatannya lebih banyak daripada mandi air hangat, seperti yang dilansir dari insider.com.

Manfaat mandi air dingin:

- Memulihkan Tubuh Setelah Berolahraga

Para ahli menemukan bahwa paparan air dingin - seperti perendaman air dingin dan cryotherapy - adalah salah satu cara terbaik untuk mengurangi peradangan dan kelelahan otot.

- Mengurangi Rasa Gatal

Jika Anda memiliki kulit sensitif, mandi air dingin dapat membantu mengurangi rasa gatal karena efek pendinginan dan anti-inflamasi dari air dingin.

- Meningkatkan Sistem Imun

Para peneliti telah menyarankan bahwa air dingin memicu respons stres tingkat rendah dari sistem kekebalan tubuh, yang membantu membangun ketahanan, jadi ketika tubuh Anda benar-benar diserang suatu penyakit, ia dapat merespons dengan lebih baik. Namun, jika Anda sudah sakit, para ahli merekomendasikan untuk menghindari mandi air dingin sampai Anda merasa lebih baik, karena tidak akan dapat menyembuhkan penyakit atau infeksi setelah Anda sudah terkena.