Tak Hanya Kostum Unik, Berikut Fakta Menarik Seputar Met Gala 2021

Event15 September 2021

By Clara Enocensia

Tak Hanya Kostum Unik, Berikut Fakta Menarik Seputar Met Gala 2021

Tak hanya kostum dan tema yang unik, Met Gala 2021 memiliki berbagai tradisi serta fakta yang menarik, bahkan dalam setiap tahun pagelarannya.


Perhelatan kostum dan fashion terbesar dunia, Met Gala, baru saja digelar dengan megah pada 13 September 2021. Met Gala merupakan acara penggalangan dana yang rutin diselenggarakan oleh Metropolitan Museum of Art di New York, Amerika Serikat. Ajang galang dana ini pun menjadi “malam fashion terbesar”, sebab kerap kali dimeriahkan oleh selebriti papan atas, publik figur berpengaruh, hingga sosialita hits.

Mereka semua akan tampil memukau dengan balutan busana unik dengan tema yang telah ditentukan. Kami telah merangkum beberapa fakta menarik tentang pagelaran Met Gala 2021, mulai dari tema hingga tamu undangan yang hadir.

1. ‘In America: A Lexicon of Fashion’

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Met Gala selalu mengangkat tema tertentu. Untuk tahun ini, perhelatan fashion terbesar tersebut mengangkat tema 'In America: A Lexicon of Fashion' dan mereka memfokuskan kepada semua hal tentang fashion Amerika. Andrew Bolton selaku kepala kurator di Metropolitan Museum of Art’s Costume Institute, mengatakan bahwa fashion Amerika sedang mengalami kebangkitan dengan designer-designer muda yang menjadi garda terdepan.

2. Met Gala Menggelar Pameran Menjadi Dua Bagian

Pagelaran kali ini dibagi menjadi dua bagian. Pameran pertama dengan judul ‘In America: A Lexicon of Fashion’ akan dibuka pada 18 September 2021, di Anna Wintour Costume Center, New York, AS. Sementara itu, pameran kedua bertemakan ‘In America: An Anthology of Fashion’ akan dibuka pada 5 Mei 2022 di American Wing, New York, AS.

3. Tamu Undangan yang Hadir

Pandemi global COVID-19 masih melanda dunia, sehingga pihak penyelenggara membatasi jumlah tamu yang hadir, berkisar 400 orang saja. Met Gala 2021 ini menjadi jauh lebih intim dibandingkan sebelumnya. Sesuai tradisi yang telah ada sebelumnya, daftar tamu undangan Met Gala 2021 pun dirahasiakan.

4. Chairs and Co-Chairs

Met Gala 2021 menggandeng sejumlah bintang muda untuk menjadi co-chair di ajang fashion ini. Co-chair sendiri adalah wakil yang membantu menyelenggarakan acara tersebut. Aktor Timothee Chalamet, penyanyi Billie Eilish, pemain tenis Naomi Osaka, dan penyanyi Amanda Gorman, ditunjuk untuk menjadi co-chair. Selain menjadi co-chair, Billie Eilish juga menjadi host di acara Met Gala 2021. Penyanyi 19 tahun ini kabarnya menjadi host termuda sejak Met Gala digelar pertama kali pada 1948.