Inilah Manfaat Bunga Krisan yang Miliki Banyak Khasiat Sebagai Pengobatan Tradisional
Dewi Anggriani Siregar
14 July 2022

Selain memiliki rupa yang indah dan menawan, bunga krisan menawarkan sejuta manfaat untuk kesehatan yang baik untuk Anda konsumsi.


Kerap digunakan sebagai dekorasi dan tanaman hias, bunga krisan menjadi salah satu bunga yang paling digemari dan mudah dijumpai. Tumbuhan ini berasal dari Asia Timur seribu tahun yang lalu pada Dinasti Song (tahun 960–1279), Tiongkok.

Bunga krisan terkenal dengan segudang manfaatnya yang biasa digunakan dalam pengobatan tradisional, terutama pengobatan tradisional Tingkok. Untuk mendapatkan manfaat dan khasiatnya, bunga krisan biasanya dikeringkan atau diolah terlebih dahulu menjadi teh. Berikut adalah beberapa manfaat dari bunga krisan yang wajib untuk Anda ketahui.

Mengurangi Stres dan Menenangkan Pikiran

Untuk merasakan hasil dari manfaat bunga yang satu ini, Anda bisa menyeduh dan mengonsumsi teh bunga krisan. Bunga krisan memiliki efek relaksasi yang dapat membantu menenangkan pikiran Anda.

Baik untuk Kesehatan Kulit

Bunga krisan memiliki kandungan antioksidan yang cukup tinggi serta efek antiradang dan berbagai nutrisi baik lainnya. Kandungan-kandungan tersebut sangat baik untuk menjaga dan merawat kulit dengan baik termasuk memudarkan flek hitam, paparan sinar matahari serta penuaan dini.

Meredakan Sakit Tenggorokan

Seperti yang telah disebutkan di atas, kandungan antibakteri dan antiradang yang terdapat bunga krisan memiliki banyak manfaat baik yang salah satunya mampu meredakan radang tenggorokan.

Melancarkan Metabolisme Tubuh

Selain kandungan antibakteri dan antiradang, vitamin B, asam folat, kolin, niasin, dan riboflavin juga terdapat dalam setangkai bunga yang indah ini. Kandungan-kandungan tersebut baik untuk membantu meningkatkan metabolisme yang sehat di tubuh Anda.

Meredakan Flu dan Demam

Manfaat yang satu ini merupakan salah satu manfaat bunga krisan yang paling terkenal. Kandungan antibakteri, antiradang, dan tingginya antioksidan yang terdapat di dalam bunga krisan mampu membantu mengatasi flu, demam, sakit kepala, serta membantu meningkatkan daya tahan tubuh.