Share
Tak Hanya Harum, Telusuri Segudang Manfaat Minyak Sitronela  
Hamidah Khansa Sabila
03 February 2023

Dikenal sebagai minyak pengusir serangga, minyak sitronela memiliki berbagai manfaat lainnya yang baik bagi tubuh.


Dikenal sebagai minyak pengusir serangga, minyak sitronela berasal dari tanaman genus Cymbopogon, yang berarti ‘lemon balm’ karena wanginya yang khas. Tak hanya sebagai obat pengusir serangga, minyak sitronela memiliki manfaat lainnya yang baik bagi tubuh, seperti menghilangkan stress, membantu penyembuhan luka dan mencegah pertumbuhan jamur dalam tubuh.

Dilansir dari healthline, berikut adalah manfaat minyak sitronela bagi tubuh.

Membantu Penyembuhan Luka

Diketahui bahwa minyak sitronela dapat digunakan untuk mempercepat penyembuhan luka dan menjadi desinfektan yang aman untuk digunakan selama minyak yang digunakan adalah minyak ‘food grade’ atau aman untuk dikonsumsi. Adanya zat methyl isoeugenol memperbolehkan percepatan penyembuhan luka.

Pencegah Tumbuhnya Jamur

Menurut beberapa studi, minyak sitronela memiliki kemampuan untuk mencegah pertumbuhan jamur yang berbahaya bagi tubuh yang dapat menyebabkan penyakit seperti sinus dan infeksi paru-paru. Diperkirakan bahwa minyak sitronela memiliki zat antibakteri yang terkandung didalamnya.

Membantu Meringankan Stress

Menurut beberapa studi, menghirup minyak sitronela dapat memberikan efek menenangkan bagi yang menghirupnya. Minyak sitronela memiliki wangi yang dapat memberikan efek baik pada sistem saraf manusia sehingga menyebabkan perasaan tenang bagi yang menghirupnya.

Menjaga Kesehatan Kulit

Minyak sitronela dapat membantu menjaga kesehatan kulit dari penyakit-penyakit seperti dermatitis dan eczema. Minyak sitronela juga dapat digunakan sebagai obat untuk membantu menghilangkan jerawat karena bersifat antibakteri.