Tak Hanya Berprestasi di Lapangan, Deretan Pesepak Bola ini Kantongi Gelar Pendidikan Tinggi
Dewi Anggriani Siregar
01 August 2022

Menjadi seorang pesepak bola profesional bukanlah hal yang mudah sebab diperlukan kegigihan yang keras serta konsistensi yang tinggi.


Di sela-sela padatnya jadwal latihan dan meniti karir sebagai seorang pesepak bola profesional, beberapa pemain sepak bola di bawah ini tetap meluangkan waktu mereka untuk tidak hanya fokus dalam bidang karir, tetapi juga jenjang pendidikan dan akademik.

Yuto Nagatomo

Yuto Nagatomo, pemain sepak bola Galatasaray asal Jepang yang tidak hanya berprestasi dalam bidang olahraga, namun juga akademik. Mengantongi ijazah sarjana di bidang ekonomi dari Doshisha University di Jepang, lelaki kelahiran 12 September 1986 ini juga pernah menulis dua buku tentang ekonomi modern.

Andres Iniesta Lujan

Andres Iniesta Lujan, pemain sepakbola profesional asal Spanyol ini memegang posisi sebagai gelandang serang yang bermain di Barcelona dan menjadi bagian dari tim nasional Spanyol. Tidak hanya jago di lapangan dan sukses menyandang banyak penghargaan, laki laki berusia 38 tahun ini juga memiliki gelar akademis di bidang Biologi dan Ilmu Olahraga.

Giorgio Chiellini

Pemain sepak bola berusia 38 tahun ini merupakan Kapten Timnas Italia yang sukses menorehkan berbagai trofi dan penghargaan. Ia juga telah menyelesaikan pendidikannya di bidang ekonomi dan perdagangan Universitas Turin pada tahun 2010 silam serta menyabet gelar Master di bidang yang sama beberapa tahun setelahnya.

Frank Lampard

Sebagai salah satu pesepak bola legendaris Inggris, Frank Lampard telah meraih berbagai gelar dan prestasi bergengsi. Ia juga diketahui telah menyelesaikan pendidikannya di Brentwood School di Essex dengan 11 GCSE termasuk nilai A dalam bahasa Latin.