Supreme Gandeng Yohji Yamamoto dalam Kolaborasi Terbaru, Intip Koleksinya di Sini

Fashion15 September 2020

By Larasati Oetomo

Supreme Gandeng Yohji Yamamoto dalam Kolaborasi Terbaru, Intip Koleksinya di Sini

Menyambut rumor yang berembus beberapa pekan ke belakang, Supreme resmi merilis koleksi kolaborasi terbaru bersama desainer asal Jepang, Yohji Yamamoto.


Brand luxury streetwear Supreme baru saja mengumumkan bahwa koleksi Supreme X Yohji Yamamoto akan dirilis pertama kalinya untuk musim Fall/Winter 2020 ini. Secara detail, koleksi ini akan tersedia di toko daring maupun luring di AS mulai tanggal 17 September 2020 dan baru akan tersedia di Jepang dua hari setelahnya, yaitu pada tanggal 19 September.

Sebagaimana sudah diduga, karya kolaborasi kali ini akan diwarnai sentuhan androgini Yohji yang telah menjadi signature-nya. Koleksi yang terdiri dari jaket, parka, hoodie, kaus, hingga formalwear ini diwarnai dengan karya seni orisinal dari Sancheeto, Peter Saville, dan Yuuka Asakura.

Secara keseluruhan, kita dapat menangkap mood suburban retro khas subkultur graffiti yang mendunia pada akhir abad ke-20 dari buah kolaborasi ini. Warna sunset orange, merah, dan hijau memperkaya warna karya rancangan yang—tentu saja—didominasi warna hitam ini.

Kolaborasi Supreme X Yohji Yamamoto F/W 2020 diprediksi akan menciptakan buzz luar biasa di hari peluncuran nanti, mengingat bahwa kali ini Supreme menyeberang benua untuk menggandeng desainer avant garde berpengalaman 50 tahun ini.

Lahir di Jepang pada tahun 1943 dan bergelar sarjana hukum, Yohji memilih jalan hidup berbeda ketika memilih untuk belajar desain di Bunka Fashion College. Ia sempat memperoleh hibah untuk mengembangkan brand di Paris pada awal tahun 1970-an, namun akhirnya memilih kembali ke Jepang untuk membuat label pertamanya, Y’s, setelah mengalami kesulitan di Paris.

Satu dekade kemudian, ia kembali ke Paris dan akhirnya menemukan kesuksesan. Ia dan Rei Kawakubo menjadi penggawa gerakan fesyen dekonstruktif dengan potongan yang tidak biasa pada masa itu, mendobrak aspek feminin dalam dunia fashion kala itu dengan gaya androgini mereka.

Yohji kini telah menjadi salah satu desainer paling berpengaruh dengan tiga label di bawah komandonya: Yohji Yamamoto, Y’s, dan Y-3. Tentu tidak mengherankan apabila para pecinta fesyen begitu penasaran (sekaligus ragu?) tentang bagaimana ia akan berkarya bersama brand Supreme yang terkenal muda dan ngepop.

Kalaupun nanti kita akan kehabisan stok koleksi debut Supreme X Yohji Yamamoto hari Kamis ini, mari kita intip saja isi koleksinya di bawah ini: