Sudah Pernah Menonton Film Forrest Gump (1994), Berikut Pelajaran Penting Yang Dapat Diambil

Art & Culture20 September 2021

By Rambu Moara

Sudah Pernah Menonton Film Forrest Gump (1994), Berikut Pelajaran Penting Yang Dapat Diambil

Melalui film ini, Gump mengajarkan bahwa dibalik banyak kekurangan yang dimiliki seseorang, pasti ada satu kelebihan yang bisa mengalahkan semua kekurangannya.


Salah satu film sarat pesan penting sebagai pelajaran hidup adalah Forrest Gump (1994). Dirilis pada Juli 1994, film bergenre drama rom-com garapan Robert Zemeckis berhasil memenangkan 6 dari 13 nominasi Academy Award.

Film lama ini memang menjadi salah satu produk komunikasi yang disukai semua kalangan bahkan hingga sekarang. Karena bentuk penyajian yang sederhana, meliputi audio dan visual, film dapat membantu seseorang belajar budaya, politik, hingga pesan terimplisit didalamnya.

Lalu, pesan penting apa saja yang ada dalam film ini? Simak selengkapnya!

Forrest Gump yang diperankan oleh Tom Hanks berhasil membawanya meraih Piala Oscar kategori aktor terbaik. Karakter Gump dalam film ini diceritakan sebagai anak dengan IQ rendah dan tidak bisa apa-apa. Tetapi semuanya berubah ketika Gump bertemu dengan beberapa karakter penting seperti Jenny, Bubba, Letnan Dan, dan Forrest Gump Junior yang semakin menguatkan kelebihan dibalik kekurangan karakternya.

Banyak kutipan yang dilontarkan Gump maupun Ibunya dalam film ini. Di awal film, Ibu Gump berkata, “If no one thinks you can, then you have to”. Disini, Ibu Gump ingin agar Gump termotivasi melakukan sesuatu yang bisa mematahkan stigma orang-orang terhadapnya, yaitu ‘bodoh dan IQ rendah’.

Gump berhasil membuktikan bahwa dia sekarang bukan anak ‘bodoh’ setelah Jenny memotivasinya untuk lari saat dirundung teman sekelasnya. Dari yang awalnya menggunakan alat bantu berjalan, Gump bisa berlari dengan sangat kencang. Selain itu, ada segudang prestasi lain Gump karena kehebatannya dalam berlari, mulai dari ace klub softball kampusnya, tentara terbaik dalam perang Vietnam, pemenang kejuaraan pingpong melawan China, bahkan mencetak rekor berlari terlama yaitu 3 tahun 2 bulan lebih mengelilingi Amerika demi mencari Jenny.

Kutipan terakhir yang perlu Anda ingat adalah kutipan yang dikatakan Forrest saat membuka ceritanya, “Life is like a box of chocolates. You never know what you’re gonna get”. Anda tahu bahwa dalam sekotak semua isinya bervariasi, mulai dari yang berisi kacang, potongan stroberi, hingga biskuit. Masalahnya, Anda hanya bisa menebak mana yang berisi kacang dan mana yang berisi biskuit jika setelah Anda mencicipinya.

Gump ingin Anda tahu bahwa tidak ada seorang pun yang bisa memprediksi apa yang akan terjadi di masa datang, apakah itu hal yang disukai atau tidak. Tapi, hidup tetap harus dijalani. Suka atau tidak Anda pada sesuatu yang datang itu bisa menjadi pengalaman bagi Anda untuk kedepannya.