Suatu Kebanggaan, Indonesia Dinobatkan Sebagai Negara Paling Indah di Dunia
Bunga Revina
22 August 2022

Suatu kebanggan bagi kita semua karena menurut sebuah laporan bertajuk Natural Beauty Report, Indonesia berhasil menduduki peringkat pertama sebagai negara paling indah di dunia.


Berdasarkan suatu analisis yang dilakukan oleh situs Inggris money.co.uk dengan laporan yang bertajuk “Natural Beauty Report”, Indonesia dinobatkan sebagai negara terindah di dunia. Dalam laporan tersebut, masing-masing negara dianalisis berdasarkan tujuh faktor, yaitu keberadaan gunung berapi, pegunungan, terumbu karang, kawasan lindung, garis pantai, hutan hujan, dan gletser.

Tiap faktornya dihitung per 100.000 kilometer persegi menggunakan angka luas lahan yang sumbernya dari Bank Dunia. Melalui informasi tersebut kemudian diberikan skor normal 10 untuk setiap faktor sebelum faktor rata-rata di ketujuh faktor diambil. Indonesia pun berhasil menempati posisi teratas sebagai negara terindah di dunia dengan skor 7,77 dari 10 karena memiliki 17.000 pulau yang artinya memiliki garis pantai lebih dari 50.000 kilometer. Terdapat pula terumbu karang yang sangat luas di lepas pantai, jumlahnya lebih dari 31.000 mil persegi yang penuh dengan kehidupan dan yang sebagian besar dapat dijelajahi.

Selain itu, Indonesia juga menawarkan keindahan alam seperti hutan tropis di Sumatera dan Kalimantan, termasuk dengan cagar alam orangutan. Tak hanya itu, sejumlah situs warisan dunia UNESCO seperti Taman Nasional Komodo pun menjadi sorotan. Dalam daftar 50 negara terindah di dunia, Indonesia berhasil mengungguli negara-negara lain seperti Selandia Baru, Kolombia, Jepang, Amerika Serikat, hingga Swiss.