Stylish, Hotel Ramah Lingkungan ‘Carbon-Negative’ di Denmark

Design30 November 2020

By Annisa Laksmintari

Stylish, Hotel Ramah Lingkungan ‘Carbon-Negative’ di Denmark

Semakin banyak pegiat disain dan konstruksi yang menyadari pentingnya mendirikan bangunan yang ramah lingkungan, baik dari disain, bahan bangunan, dan operasionalnya. Seiring perkembangan jaman, hotel yang ramah lingkungan semakin menjamur, namun tetap terlihat stylish dan elegan, salah satunya yang akan dibangun di Denmark ini.


Hotel GSH, yang berada di pulau Bornholm, Denmark akan membangun perluasan hotel yang ‘carbon negative’. Sayap baru ini akan terbuat dari struktur kayu yang dilaminasi silang, diinsulasi dengan serat kayu, serta dilapisi dengan panel kayu. Sayap baru ini akan memuat 24 kamar, ruang konferensi, dan rooftop spa.

Hotel ramah lingkungan ‘carbon negative’ ini pertama dibangun di Denmark untuk jenis gedung yang komersil. ‘Carbon negative’ yang sering juga disebut sebagai ‘climate positive’ adalah gedung yang didisain untuk mengabsorbsi lebih banyak karbon daripada yang dihabiskannya selama masa hidupnya, sehingga lebih sustainable untuk jangka panjang.

Bagian yang ramah lingkungan dari hotel ini akan memanfaatkan teknologi-teknologi energy terbarukan, serta menggunakan perabotan yang terbuat dari bahan yang didaur ulang. Hotel ini mampu untuk memanen energy matahari untuk memanaskan air, serta memanfaatkan ventilasi alami untuk menegasikan ketergantungan pada sistem mekanis.