Share
Starbucks Rewards Hadirkan Sejumlah Fitur Baru untuk Pengalaman yang Lebih Berkesan
Trisha Aulia
02 March 2023

Starbucks baru saja meluncurkan pembaruan terhadap program loyalitasnya yang dikenal sebagai Starbucks Rewards. Pembaruan ini menghadirkan berbagai fitur baru untuk membuat pengalaman member menjadi lebih berkesan dengan menawarkan opsi pembayaran yang lebih beragam dan kebebasan memilih Rewards sesuai keinginan.


Starbucks Indonesia membawakan kabar gembira bagi seluruh pelanggan setianya. Kini, pengalaman Starbucks Rewards menjadi semakin menyenangkan dengan hadirnya konsep Rewards for Everyone.

Pada 23 Februari 2023, Starbucks Indonesia mengumumkan pembaruan loyalty program di gerai Pasaraya Grande. Pembaruan ini menghadirkan berbagai fitur baru yang dapat dinikmati para member setia Starbucks. Melalui loyalty program terbaru ini, pelanggan dapat menikmati pengalaman transaksi dengan opsi pembayaran yang lebih beragam dan mendapatkan Rewards melalui aplikasi Starbucks Indonesia.

Loyalty program terbaru ini hadir dengan beragam fitur baru yang akan menjadi penyempurnaan dari opsi pengumpulan Stars yang sebelumnya mengharuskan pembayaran dengan menggunakan Starbucks Card (yang sudah teregistrasi) di gerai dan di dalam aplikasi. Jika sebelumnya member hanya mendapatkan Rewards Stars saat melakukan transaksi menggunakan saldo yang terdapat dalam kartu Starbucks, kini Stars juga akan diberikan kepada seluruh member terlepas metode transaksi yang mereka gunakan.

Lebih jelasnya, Andhika Panggabean, selaku Starbucks Loyalty Division Manager di Indonesia, menerangkan bahwa, “Setiap transaksi kelipatan Rp10.000,- akan mendapatkan 1 Star bagi member yang memindai akun membership mereka lewat aplikasi atau Starbucks Card-nya, namun menggunakan jenis pembayaran lain seperti tunai, QRIS, kartu kredit / debit, atau e-wallet lainnya. Namun jika member memindai aplikasi Starbucks dan melakukan pembayaran dengan saldo yang tersimpan pada akun atau Starbucks Card-nya maka mereka akan mendapatkan 1 Stars untuk setiap pembelanjaan Rp5.000,-”.

Perbedaan lain yang lebih signifikan dari pembaruan loyalty program ini merupakan sistem penukaran Rewards yang berlaku. Sebelumnya, member resmi Starbucks hanya akan mendapatkan penawaran Rewards jika telah berhasil mengumpulkan 100 Stars. Namun kini, member memiliki kebebasan untuk menabung Rewards atau menukarkannya dengan pilihan item yang mereka inginkan.

“Member akan memiliki opsi untuk mulai menukarkan Stars – mulai dari 25 Stars terendah atau menabung untuk item Reward yang lebih tinggi hingga 400 Stars. Stars dapat ditukarkan dengan lebih banyak item, termasuk minuman, makanan, biji kopi hingga harga spesial untuk merchandise. Member juga dapat melihat semua riwayat penukaran Stars dan Rewards di aplikasi dan web,” jelas Andhika.

Pembaruan loyalty program ini merupakan wujud dari apresiasi Starbucks terhadap para membernya. “Peningkatan pengalaman dalam menggunakan Starbucks Rewards ini diwujudkan sebagai cara untuk memuaskan kebutuhan konsumen yang sudah membawa kesuksesan bagi Starbucks hingga hari ini. Menciptakan koneksi dengan para pelanggan, baik di dalam gerai maupun secara online, memungkinkan kami untuk mengantisipasi kebutuhan mereka dan menghadirkan produk dan pengalaman yang mereka cari,” ungkap Liryawati, Chief Marketing Officer untuk PT Sari Coffee Indonesia – pemegang lisensi merek Starbucks di Indonesia.

Selain itu, Starbucks juga mengerti bahwa di era yang serba digital ini, mereka harus selalu fleksibel agar dapat tetap relevan dengan para pelanggannya. Untuk itu, pembaruan loyalty program ini juga ditujukan untuk meningkatkan area digital customers experience yang sejalan dengan gaya hidup di zaman sekarang. Liryawati menambahkan bahwa hal tersebut diharapkan dapat menarik basis pelanggan yang lebih luas, khususnya di kalangan anak muda, dan memperdalam ikatan Starbucks dengan para member yang kini jumlahnya telah menembus angka tiga juta.