Share
Spirulina, Ganggang Hijau Biru yang Punya Banyak Manfaat untuk Kecantikan
Clara Enocensia
19 February 2022

Sebagai sumber nutrisi alami, spirulina memiliki kandungan dan manfaat yang cukup lengkap untuk kesehatan kulit.


Spirulina platensis merupakan mikroalga yang mengandung berbagai senyawa kimia yang memiliki manfaat sebagai suplemen maupun obat alami.

Selain kaya akan protein, mineral lengkap, serta asam lemak esensial, tumbuhan yang tergolong sebagai superfood ini juga mengandung beragam vitamin yang baik untuk merawat kecantikan kulit. Mari kenali dan simak berbagai manfaat spirulina.

1. Spirulina Mengandung Aneka Vitamin yang Baik bagi Kulit

Spirulina mengandung vitamin C. Nutrisi ini berguna untuk melindungi kulit dari radikal bebas, berperan dalam penyembuhan luka, menyamarkan bekas jerawat, dan meningkatkan hidrasi kulit. Ada pula kandungan vitamin E yang berfungsi sebagai antiradang di dalam alga tersebut.

2. Menyegarkan Kulit Wajah

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, spirulina mengandung banyak nutrisi yang baik untuk kulit. Berbagai kandungan nutrisi yang dimiliki ini diketahui sangat baik untuk menyegarkan kulit wajah. Beberapa produsen kecantikan bahkan menggunakan spirulina sebagai bahan utama dari produk toner mereka.

3. Membantu Produksi Kolagen dan Mengencangkan Kulit

Spirulina mampu meningkatkan faktor pertumbuhan sel fibroblas dermal, sel ini membantu kulit untuk memproduksi kolagen dengan maksimal. Kolagen yang dihasilkan juga berfungsi untuk mengencangkan kulit.

Spirulina juga mengandung asam amino, termasuk glisin dan prolin. Kandungan tersebutlah yang menjaga kulit tetap kencang, sambil mendukung produksi kolagen tubuh lebih maksimal.

4. Meredakan Jerawat

Masalah utama kulit yang kini masih menjadi gangguan bagi sebagian orang yakni jerawat. Mengoleskan krim yang mengandung spirulina ke kulit bisa menjadi pilihan alternatif untuk pengobatan jerawat karena kandungan antioksidan dan antimikrobanya yang tinggi.