Share
Singapura dan Indonesia Bersinergi Menciptakan Pengalaman Pariwisata yang Tidak Terlupakan
Putrika Annaya Salsabila
18 January 2024

Singapore Tourism Board dan Traveloka melanjutkan kemitraannya lewat penandatanganan Memorandum of Cooperation.


Dalam upaya untuk memperkuat daya tarik destinasi wisata Singapura di mata wisatawan Indonesia, Singapore Tourism Board (STB) secara resmi memperbarui kemitraan jangka panjangnya dengan platform perjalanan terkemuka di Asia Tenggara, Traveloka.

Penandatanganan Memorandum of Cooperation (MOC) yang penuh makna dilakukan di Jakarta oleh Melissa Ow, Chief Executive STB, dan Caesar Indra, Presiden Traveloka.

MOC ini tidak hanya sekadar memperdalam kolaborasi pemasaran, namun lebih dari itu, fokusnya adalah mengasah target konsumen melalui pertukaran wawasan dan data. Ini mencerminkan komitmen bersama untuk inovasi dan peningkatan pengalaman pengunjung di sejumlah pasar Asia Tenggara.

STB x Traveloka 1

Pentingnya peran Traveloka sebagai mitra strategis bagi STB dapat dilihat dari upaya bersama menggali potensi pariwisata yang kaya di Asia Tenggara, terutama Indonesia.

Terrence Voon, Direktur Eksekutif STB untuk Asia Tenggara, menyatakan, "Traveloka telah menjadi mitra penting sejak kolaborasi pertama kami pada tahun 2019. Seiring pemulihan perjalanan di wilayah ini, kemitraan kami akan membantu membuka potensi pariwisata Asia Tenggara dan Indonesia yang kaya, membantu kami memahami pelanggan kami dengan lebih baik, dan memperkuat posisi Singapura sebagai destinasi terkemuka bagi wisatawan regional."

MOC ini juga sejalan dengan kampanye terbaru STB, "Made in Singapore", yang menyoroti bagaimana momen-momen sehari-hari yang biasa menjadi luar biasa melalui beragam pengalaman unik dan tak terduga, hanya mungkin terjadi di Singapura.

Kemitraan ini melibatkan penawaran pengalaman yang dipersonalisasi untuk meningkatkan pengalaman pengunjung dan memamerkan berbagai penawaran Singapura kepada khalayak yang lebih luas di Asia Tenggara.

STB x Traveloka 2

Bukan hanya itu, MOC ini juga menandai komitmen bersama untuk berinvestasi dalam kampanye pemasaran, fokusnya pada Indonesia dan ekspansi ke Malaysia, Thailand, dan Vietnam. STB dan Traveloka berencana untuk melaksanakan beberapa inisiatif pemasaran, termasuk mengadakan perjalanan kenal influencer bersama dan mengembangkan aset video untuk produksi digital dan media sosial.

Melampaui ranah kerjasama, pada tahun 2024, Singapura juga menjanjikan serangkaian acara, atraksi baru, dan penawaran eksklusif yang menarik. Dalam kuartal pertama 2024, ekspresi seni menjadi pusat perhatian dengan rangkaian acara yang menjanjikan untuk memikat pengunjung, seperti:

  • ART SG 2024: Memperlihatkan mahakarya kontemporer dari seluruh dunia, ART SG 2024 kembali untuk edisi keduanya di Marina Bay Sands Expo and Convention Centre mulai 19-21 Januari 2024.
  • ARTWALK 2024: Merayakan dekade kreativitas, ARTWALK 2024 mengubah kawasan Katong-Joo Chiat dan Little India menjadi kanvas yang hidup mulai 19-28 Januari 2024.
  • Light to Night Singapore 2024: Mencerahkan panca indera di Light to Night Singapore 2024, festival seni visual yang memukau di Distrik Civic. Mulai 19 Januari hingga 8 Februari 2024, tema 'Reimagine' hadir dengan lebih dari 60 karya seni, proyeksi di lokasi ikonik, pertunjukan langsung, dan instalasi interaktif.
  • Perayaan Tahun Baru Imlek di Chinatown: Sambut Tahun Baru Imlek di Chinatown, ikon Singapura, mulai 19 Januari hingga 9 Maret 2024. Perayaan melibatkan penerangan jalanan yang mengagumkan, pesta hitung mundur, lokakarya, pertunjukan panggung, dan berbagai hidangan lezat yang menambahkan kehidupan budaya di distrik bersejarah ini.