Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Simak Tips Aman Konsumsi Kopi untuk Kesehatan Selama Bulan Ramadan

Wellness27 April 2022

By Dewi Anggriani Siregar

Simak Tips Aman Konsumsi Kopi untuk Kesehatan Selama Bulan Ramadan

Meminum kopi mungkin menjadi salah satu rutinitas penting bagi Anda para penikmatnya. Tidak meminumnya sehari saja bisa membuat Anda merasa kurang lengkap.


Kopi merupakan salah satu minuman yang mengandung kafein dan memiliki banyak manfaat untuk kesehatan dan membuat Anda lebih berenergi mengawali hari.

Terlepas dari segala manfaatnya, kopi juga memiliki beberapa efek samping yang tidak baik untuk kesehatan apabila Anda mengonsumsinya dalam waktu yang tidak tepat. Khususnya ketika bulan Ramadan seperti saat ini. Lantas, bagaimana tips aman mengonsumsi kopi saat menjalankan ibadah puasa?

Konsumsi di Waktu yang Tepat

Waktu mengonsumsi kopi di bulan Ramadan menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan. Hindari mengonsumsi kopi di saat perut Anda dalam keadaan kosong. Anda bisa mengonsumsi kopi satu dua jam setelah berbuka puasa. Hindari juga mengonsumsi kopi mendekati jam tidur Anda, kandungan kafein di dalam kopi dapat membuat Anda mungkin sulit tidur dan mengganggu kualitas tidur Anda saat menjalankan ibadah puasa.

Konsumsi dalam Takaran Kecil

Jika biasanya Anda bisa menghabiskan bercangkir-cangkir kopi dalam sehari, selama bulan Ramadan Anda harus membiasakan untuk mengonsumsi kopi dalam takaran yang lebih sedikit. Misal Anda biasa minum 3 cangkir kopi dalam sehari, Anda mungkin bisa menguranginya menjadi satu atau dua cangkir kopi sehari.

Memilih Jenis Kopi

Selama mengonsumsi kopi di bulan Ramadan, Anda mungkin bisa mencoba kopi decaf. Kopi decaf merupakan kopi yang sudah dikurangi kadar kafeinnya. Manfaat dari kadar kafein yang rendah ini bisa menjadi alternatif bagi Anda penikmat kopi untuk tetap mengonsumsinya dalam dengan aman.

Membuat Schedule

Agar tetap bisa mengonsumsi kopi di bulan Ramadan, Anda mungkin bisa mulai membuat jadwal minum kopi yang lebih ketat. Misal, Anda bisa membuat jadwal minum kopi per dua hari sekali untuk melatih tubuh Anda mengurangi kebutuhan kafein.