Be part of the in-crowd to get the latest
luxury and lifestyle news delivered to your inbox.

Simak Inspirasi Menata Rumah Bergaya Mid-Century Modern

Design24 June 2022

By Putrika Annaya Salsabila

Simak Inspirasi Menata Rumah Bergaya Mid-Century Modern

Jika Anda ingin menata atau mendekorasi rumah dengan gaya baru, maka Anda sedang membaca artikel yang tepat. Gaya interior mid-century modern dapat menjadi pilihan Anda. Mari simak tips-tips menata rumah dengan style ini!


Dari berbagai tipe gaya dekorasi rumah, gaya mid-century modern atau gaya modern abad pertengahan adalah salah satunya yang termasuk populer. Gaya dekorasi ini muncul pada tahun 1940-an dengan ciri khas tampilan klasik, garis-garis bersih, simpel, dan berjaya hingga kemajuan teknologi dan prefabrikasi yang datang pada tahun 1960-an.

Namun, belakangan ini, gaya dekorasi mid-century modern (MCM) kembali banyak peminatnya. Dengan penjajaran garis bersih dengan bentuk yang organik, perpaduan sempurna antara bahan dan palet warna yang khas, kualitas yang abadi, keaslian, dan keanggunan yang melekat pada gaya interior MCM, maka tidak heran style yang satu ini kembali mengalami kebangkitan.

Khusus untuk Anda yang sedang mencari inspirasi untuk mendekorasi rumah, mari simak beberapa tips untuk menghadirkan nuansa mid-century modern di rumah Anda!

1. Bahan Kulit Berwarna Gelap

Dengan sifatnya yang eksperimental, gaya desain MCM terkenal karena kerap memadukan bahan-bahan alami dengan bahan-bahan buatan. Mulai dari Kursi Lounge Eames ikonik yang terbuat dari kayu lapis dan kulit hingga sofa kulit berwarna cokelat klasik. Anda bisa eksplor lebih jauh mengenai style ini sebab terdapat banyak pilihan di luar sana untuk bermain-main dengan furnitur bergaya MCM.

2. Penggunaan Kayu

Karakteristik utama lain dari gaya mid-century modern adalah penggunaan kayu yang terekspos secara jelas. Misalnya seperti lantai, dinding, hingga furniture. Penggunaan kayu ini adalah salah satu cara termudah untuk menghadirkan kehangatan dan nuansa alami di rumah Anda.

3. Sentuhan Warna-warni

Warna-warna cerah kitsch tahun 50-an hingga warna-warna modern dan earthy tahun 60-an memiliki peran untuk memberi statement pada desain MCM. Untuk menyuntikkan unsur modern, Anda dapat menggunakan beberapa warna khas ke interior Anda melalui tekstil, aksesori, dan cat dinding.

4. Pencahayaan

Salah satu pusat arsitektur gaya MCM adalah denah lantai terbuka, yaitu jenis desain interior yang mengutamakan area yang lega tanpa sekat. Oleh karena itu, pencahayaan yang baik menjadi elemen dekorasi utama dalam gaya dekorasi MCM ini. Mulai dari Sputnik yang ikonik hingga liontin bola, ada banyak pilihan gaya di luar sana untuk setiap ruangan di rumah Anda.

5. Tanaman Hijau

Tanaman hijau melengkapi nuansa bersahaja dari interior MCM dengan sempurna. Baik itu dragon tree, tanaman ara biola, monstera, pohon karet hias, atau tanaman lidah mertua, pilihlah kombinasi tanaman secara cermat sehingga interior terlihat terintegrasi dengan baik dan seimbang.