Share
Simak Cara Praktis Bersihkan Peralatan Makeup yang Baik dan Benar
Dewi Anggriani Siregar
13 May 2022

Makeup merupakan salah satu produk yang hampir kita gunakan setiap hari. Pengaplikasian makeup ini tentunya menggunakan berbagai makeup tools yang juga digunakan setiap hari dan terpapar oleh berbagai macam produk.


Sama halnya dengan kulit dan wajah kita yang membutuhkan perawatan, peralatan makeup juga perlu dirawat dan dibersihkan secara rutin untuk mencegah penumpukan bakteri yang dapat menimbulkan berbagai masalah kulit seperti beruntus dan jerawat. Berikut beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencuci dan membersihkan petalatan makeup seperti brush, sponge, dan peralatan lainnya.

Menggunakan Air Hangat di Bawah Air Mengalir

Air hangat dapat membantu mengangkat sisa-sisa produk yang terdapat pada peralatan makeup Anda. Sebaiknya Anda menggunakan air hangat yang mengalir untuk membersihkan peralatan makeup. Hal ini agar bakteri dan kotoran yang sebelumnya sudah terdapat di peralatan tersebut malah menyebar ke bagian-bagian yang lain.

Gunakan Sabun Khusus atau Minyak Zaitun

Sabun khusus peralatan makeup dapat secara efektif membantu membersihkan peralatan makeup Anda seperti brush dan sponge. Namun jangan khawatur, jika tidak memiliki sabun khusus untuk membersihkan peralatan makeup, Anda bisa menggunakan minyak zaitun dan micellar water ataupun makeup remover.

Pijat Alat Makeup Secara Perlahan dan Memutar

Agar semua kotoran dapat hilang secara sempurna, Anda perlu melakukan gerakan memutar dan memijat-mijat brush dan peralatan lain secara pelahan di telapak tangan Anda.

Keringkan Secara Alami

Setelah proses pencucian selesai, keringkan semuanya secara alami. Jangan menggunakan pengering seperti hairdryer agar tidak merusak tekstur dari peralatan-peralatan makeup tersebut.