Simak 5 Tips Penting Melakukan Long Road Trip Agar Perjalanan Lebih Menyenangkan
Dewi Anggriani Siregar
11 March 2022

Melakukan road trip adalah aktivitas yang asik dan digemari banyak orang. Namun ada banyak hal yang wajib Anda persiapkan sebelum Anda memulai perjalanan.


Melakukan sebuah perjalanan panjang dengan berkendara memang merupakan sebuah kegiatan yang menyenangkan. Apalagi apabila perjalanan itu dilakukan bersama orang tersayang seperti pasangan, keluarga, ataupun kerabat.

Hal ini biasa disebut long road trip. Long Road trip adalah sebuah kegiatan melakukan perjalanan panjang dengan menggunakan kendaraan pribadi seperti motor, ataupun mobil. Perjalanan ini bisa berupa perjalanan singkat atau panjang yang bisa memakan waktu berhari-hari.

Meskipun asik dan menyenangkan, ada beberapa hal yang harus kamu persiapkan secara matang untuk melakukan long road trip agar perjalananmu menjadi aman dan nyaman. Sebab dalam perjalanan ini kamu dituntut untuk berlama-lama di dalam kendaraan.

1. Periksa Kendaraan Pribadi Anda

Kendaraan merupakan salah satu hal paling penting yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan long road trip. Pastikan kendaraan yang akan Anda gunakan berada dalam kondisi yang prima dan aman untuk dibawa berkendara dalam keadaan jauh. Anda bisa memeriksa cairan seperti oli, rem, transmisi, dan wiper. Jangan lupa juga untuk memeriksa bagian-bagian lainnya.

2. Memastikan Rute dan Destinasi Perjalanan

Ketika hendak melakukan long road trip, wajib untuk menentukan destinasi mana yang akan Anda tuju. Anda juga harus memastikan bahwa destinasi tujuan Anda memiliki rute dan akses yang jelas serta dapat dilewati kendaraan yang akan Anda gunakan.

Hal-hal kecil seperti di mana Anda akan beristirahat, makan, mengisi bensin, menggunakan kamar mandi juga menjadi salah satu hal yang harus Anda perhatikan.

3. Membawa Barang Esensial

Membawa barang dalam jumlah banyak tentu akan menyulitkan Anda dalam perjalanan. Pastikan barang-barang yang Anda bawa adalah barang-barang yang penting dan tidak memakan banyak tempat.

Anda juga perlu mengemas barang-barang Anda dengan benar. Saat berkemas, letakkan barang-barang yang berat terlebih dahulu. Letakkan barang-barang yang lebih ringan secara bertahap ke atas. Hal ini untuk menghindari barang yang mungkin membahayakan terjatuh apabila pengemudi berhenti atau tanpa sengaja mengerem mendadak.

4. Pastikan Tubuh Anda dalam Kondisi Fit

Bukan hanya kendaraan yang perlu Anda pastikan dalam kondisi yang prima. Anda juga perlu memerhatikan kondisi Anda ketika bepergian. Keadaan yang fit dan siap melakukan perjalanan jauh. Khususnya kondisi pengemudi utama. Sangat penting memastikan keadaan bahwa pengemudi dalam keadaan yang sehat dan siap untuk melakukan perjalanan yang panjang.

Apabila merasa lelah atau mengantuk, sebaiknya Anda berhenti sejenak untuk sekadar beristirahat ataupun tidur. Atau Anda bisa mengemudi secara bergantian dengan pengemudi utama. Jangan memaksakan perjalanan apabila Anda merasa ngantuk karena dapat membahayakan keselamatan bersama.

5. Membawa Persediaan Makanan

Jangan lupa untuk membawa camilan dan persediaan makanan. Dengan begitu, akan mengurangi beberapa kali berhenti dan akan menghemat waktu Anda. Selain itu, makanan yang banyak akan membuat perjalanan Anda menjadi menyenangkan.