“She Said” Film Fenomenal Berdasar Kisah Nyata Isu Pelecehan Seksual di Tempat Kerja
Salsabila Andika Putri
01 December 2022

Film ini berkisah jurnalis New York Times yang andal dan wanita yang mereka ajak bicara demi mengungkap produser film predator.


Dibintangi oleh Carey Mulligan dan Zoe Kazan, keuletan mereka sebagai jurnalis yang mengejar suatu kasus serius tampak kuat di film She Said. Luka yang ditimbulkan Harvey Weinstein pada banyak wanita dalam bisnis film masih menjadi suatu kasus yang terbuka, dan kisah pelecehan, pelecehan, dan intimidasi seksualnya terus berkembang (percobaan kekerasan seksual sedang berlangsung).

Dari film She Said tampaklah prosedural yang sulit demi mengungkap kelakuan Weinstein. Namun dengan cekatan kedua wanita tersebut mengatasi ketakutan para korban dan para pemegang kekuasaan yang telah menyembunyikan kebenarannya begitu lama.

“Kisah ini adalah tentang wanita yang dapat berdiri, berbicara, dan mengklaim kekuatan mereka, dan terasa benar jika kami sebagai wanita bisa memimpin upaya tersebut dengan membawanya ke layar lebar.” Ujar Maria Schrader sebagai sutradara dari She Said.

Berdasarkan data survei yang dilakukan oleh Never Okay Project (NOP) dan International Labour Organization (ILO) menunjukkan, 852 dari 1173 responden (70,93 pernah) pernah mengalami salah satu bentuk kekerasan dan pelecehan di dunia kerja. Data itupun masih lah naik tiap tahunnya, untuk itu film ini patut diberikan perhatian lebih, karena isu yang dibawanya merupakan suatu hal yang masih belum sembuh dari lingkungan kita.