Seventh BaCAA, Malam Penganugrahan Para Perupa Indonesia di Bawah 40 Tahun
Dimas Andriyanto
18 August 2022

Tahun ini ajang penganugerahan seni Bandung Contemporary Art Awards hadir kembali untuk kali ketujuhnya dengan tajuk Seventh BaCAA yang menerima submisi dari para perupa Indonesia di bawah 40 tahun.


ArtSociates adalah perusahaan manajemen seni dan seniman yang didirikan pada 2007 oleh Andonowati sebagai bagian dari Yayasan AB. Tujuan utamanya adalah untuk mempromosikan seniman Indonesia ke khalayak yang lebih luas, dalam lingkup nasional maupun dunia internasional. ArtSociates juga berfokus pada ranah manajemen industri kreatif, yang bertujuan untuk menciptakan taman seni (art park) yang mengawasi pengembangan dan inovasi dalam perihal seni dan budaya. Untuk mencapai mimpi tersebut, pada tahun 2010, Lawangwangi Creative Space dibangun untuk meningkatkan pertumbuhan dalam seni dan budaya, juga untuk menyediakan ruang untuk pameran seni dan acara di ranah yang sama, dengan harapan agar keduanya baik Lawangwangi maupun ArtSociates menjadi pusat untuk kemajuan seni dan budaya di masa yang akan datang.

Panel juri yang turut berpartisipasi dalam Seventh BaCAA adalah para profesional di bidangnya, FX Harsono (Perupa, indonesia), Tom Tandio (Direktur Art Fair, Indonesia), Aaron Seeto (Direktur Museum MACAN, Indonesia), Evelyn Halim (Kolektor, Indonesia) dan Wiyu Wahono (Kolektor, indonesia).

Sejak pertama kali diluncurkan pada tahun 2010, BaCAA telah menjadi stimulus dan berkembang sebagai barometer karir para perupa kontemporer Indonesia. Ajang penganugerahan ini dikelola oleh Artsociates bersama Lawangwangi Creative Space. Seventh BaCAA menawarkan kesempatan untuk mempromosikan karya-karya perupadan lebih lanjut lagi memajukan keterlibatannya dalam dunia seni regional maupun internasional.

Perupa yang memenuhi syarat adalah para perupa berbakat yang telah memamerkan karyanya di galeri seni mapan, ruang seni publik atau ruang seni baru dengan portofolio dan agenda tahunan yang terdefinisi dengan baik. Karya yang diterima adalah karya yang diproduksi antara tahun 2020 hingga 2022. Seluruh karya submisi yang terkumpul akan melalui proses seleksi hingga akhirnya 15 karya finalis akan dipamerkan di Lawangwangi Creative Space.

15 finalis dari Seventh BaCAA telah terpilih, yaitu;

1. Aditya DP & Amajid Sinar

2. Arief Budiman

3. Asmo Adji

4. Candrani Yulis

5. Fransisca Retno Setyowati


6. Kartika Oktarina

7. Muhammad Sabiq Hibatulbaqi

8. Nesar Ahmad

9. Oberlan Monre

10. Patriot Mukmin

11. Perempuan Pengkaji Seni

12. Riyan Kresnadi

13. Rizal N. Ramadhan

14. Suvi Wahyudianto

15. Victoria Kosasie

Malam penganugerahan Seventh BaCAA dilangsungkan pada Jumat 12 Agustus 2022. Dari lima belas karya yang ditampilkan, tiga karya terbaik akan dianugerahi hadiah berupa uang tunai, residensi seni di Intermondes, la Rochelle, Perancis dan art trip ke pusat seni rupa internasional.

Pameran Seventh BaCAA dapat anda nikmati dari tanggal 12 Agustus hingga 18 Agustus 2022 di Lawangwangi Creative Space, Bandung, Jawa Barat.