Share
Sering Merasa Minder, Berikut Cara Bangun Kepercayaan Diri Agar Tampil Sempurna
Ferrell Sahlah Anfasyah
03 November 2022

Kepercayaan diri merupakan suatu hal yang bisa diraih. Bagi Anda yang masih sering merasa minder, berikut tips untuk membangun rasa percaya diri!


Terkadang tanpa disadari, kita sering merasa tidak percaya diri. Hal itu tentu akan mengganggu beberapa aktivitas fisik. Tanpa disadari pula kurangnya rasa percaya diri juga menurunkan performa dalam diri seseorang.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk membangun kepercayaan diri.

Berkata yang Baik Saat Bercermin

Biasakan dirimu untuk berkata-kata yang baik pada saat sedang bercermin. Anda dapat memuji diri dan menyebutkan berbagai kelebihan Anda. Dengan begitu, Anda tidak lagi berfokus pada kekurangan yang hanya akan menghambat kemajuan diri.

Membiasakan Diri Sendiri untuk Mengeluarkan Opini

Apabila Anda ingin beropini, jangan ragu untuk mengeluarkan opini. Tidak masalah, jika Anda memiliki opini berbeda dari yang lain karena setiap orang memiliki perspektif yang berbeda. Mengeluarkan opini juga dapat melatih skill dalam berbicara.

Perluas Wawasan Anda

Terkadang Anda akan merasa tidak percaya diri karena merasa belum sepenuhnya menguasai hal itu. Maka dari itu Anda harus memperluas dan memperdalam wawasan. Anda juga bisa mendengarkan pengalaman orang lain karena wawasan bisa didapatkan dari mana pun.

Challenge Diri Anda untuk Keluar dari Comfort Zone

Menantang diri sendiri dengan hal yang tidak biasa dijalani dapat mendorong diri Anda menjadi lebih baik. Hal itu dapat membuat Anda lebih yakin bahwa Anda akan bisa melewatinya walaupun itu tidaklah mudah, misalnya momen ketika Anda harus berbicara di depan orang banyak.

Olahraga Teratur

Olahraga dipercaya dapat meningkatkan kepercayaan diri. Dengan berolahraga, Anda akan mendapatkan perasaan senang dengan diri Anda sendiri, terutama pada saat melakukan aktivitas olahraga tersebut.