Sering Dikira Jerawat, Inilah Penyebab Timbulnya Milia dan Cara Alami Mengatasinya
Dewi Anggriani Siregar
29 July 2022

Apakah Anda pernah memiliki benjolan kecil seperti jerawat di sekitar wajah Anda, jika pernah, itu mungkin bukanlah jerawat, melainkan milia.


Milia adalah benjolan kecil berwarna putih yang sering muncul di wajah seperti area hidung, bawah mata dan pipi. Meskipun tidak berbahaya dan tidak memberikan sensasi gatal, kemunculan milia di wajah tentu saja menganggu tampilan wajah bahkan menurunkan kepercayaan diri.

Meski umumnya sering terjadi pada bayi yang baru lahir, milia juga bisa muncul pada siapa saja. Permasalahan milia ini oleh penyumbatan pada kelenjar keringat. Ada beberapa cara yang dapat Anda lakukan untuk mencegah atau mengatasi milia dilansir dari Halodoc.

Rajin Membersihkan Makeup

Biasakan untuk selalu membersihkan muka Anda dari makeup sebelum tidur. Jika perlu, lakukan double hingga triple cleansing untuk mengangkat dan memastikan semua sisa makeup dan kotoran telah terangkat.

Hindari Penggunaan Makeup Berbahan Berat

Menggunakan makeup berbahan gelap dalam jangka waktu yang lama dapat menyebabkan kulit wajah menjadi lebih kering. Terkadang makeup yang berbahan berat ini susah dihilangkan, bahkan memberikan efek samping ke kulit wajah, di mana kulit wajahmu menjadi lebih cepat menua.

Gunakan Retinol

Selain sebagai anti-aging, retinol juga memiliki manfaat untuk mengurangi milia.

Konsumsi Sayur dan Buah-buahan

Setelah melakukan hal-hal di atas, jangan lupa untuk mengatasi milia dari dalam yakni dengan mengonsumsi makanan yang sehat dan memiliki banyak manfaat untuk kulit seperti sayur dan buah-buahan.