Share
Sering Dianggap Sama, Inilah Perbedaan Hair Fall dan Hair Loss
Dewi Anggriani Siregar
14 September 2023

Rambut rontok memang kerap menjadi masalah banyak orang. Anda pasti pernah berada dalam fase di mana rambut Anda sangat mudah rontok ketika sedang berkegiatan atau bahkan ketika sedang diam saja.


Hal tersebut mungkin saja bukanlah hair fall atau rambut rontok seperti yang biasa kita ketahui, mungkin saja Anda mengalami hair loss yang harus segera mendapat penanganan tepat agar tidak semakin parah. Berikut adalah beberapa perbedaan antara hair fall dan hair loss yang jarang diketahui.

Mengutip dari Klik Dokter, Dokter Sepriani menerangkan bahwa beda hair fall dan hair loss terletak pada dasar mekanismenya. Hair fall terjadi saat rambut sudah tumbuh, sedangkan hair loss terjadi ketika rambut tersebut belum tumbuh. Masalah rambut rontok menggunakan istilah hair fall, sedangkan masalah rambut yang berhenti tumbuh memakai istilah hair loss.

HAIR FALL

Mudahnya, Anda bisa melihat perbedaan antara hair fall dan hair loss dari waktu saat kerontokan itu terjadi. Apabila Anda menemukan rambut terlepas dari helainya ketika sedang keramas atau saat tengah menyisir rambut, maka itu termasuk hair fall. Namun apabila Anda menemukan rambut Anda rontok di bantal ketika bangun tidur, makan kemungkinan Anda mengalami hair loss.

HAIR LOSS

Ada banyak faktor baik internal maupun eksternal yang memicu terjadinya hair fall dan hair loss ini, salah satunya adalah perubahan hormon, stress, lingkungan udara dan cuaca yang ekstrem, kebiasaan buruk menata atau styling rambut yang menggunakan panas berlebih hingga faktor genetik.