Share
Semarak Hari Batik Nasional 2023: Batik Bangkit di Museum Batik Indonesia
Trisha Aulia
03 October 2023

Dari pemecahan rekor MURI hingga peresmian Museum Batik Indonesia, berikut kemeriahan perayaan Hari Batik Nasional 2023!


Pada Senin (2/10), Yayasan Batik Indonesia berkolaborasi dengan Kementerian Perindustrian dan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi untuk menyelenggarakan acara perayaan Hari Batik Nasional yang penuh semarak di Museum Batik Indonesia yang terletak di Taman Mini Indonesia Indah.

Perayaan Hari Batik Nasional ini membawa tema yang penuh harapan, “Batik Bangkit”. Tema ini menjadi lambang semangat untuk membangkitkan kembali industri batik setelah melewati masa-masa sulit selama pandemi Covid-19.

Dalam perayaan ini, hadir sejumlah tokoh penting, termasuk Istri Wakil Presiden RI Wury Ma’ruf Amin dan Mendikbudristek Nadiem Makarim. Mereka turut serta merayakan kekayaan budaya Indonesia ini, bersama dengan para Duta Besar dan perwakilan dari berbagai negara sahabat.

Wury Ma‘ruf Amin & Nadiem Makarim HBN

Di samping para tamu terhormat, yang membuat perayaan ini begitu istimewa adalah kehadiran para pengrajin batik dari seluruh negeri yang memamerkan keindahan motif-motif batik khas daerah mereka. Perayaan Hari Batik Nasional 2023 menjadi panggung yang menghadirkan kekayaan dan keragaman batik dari ujung pulau Sumatera sampai Tanah Papua, dari Sabang sampai Merauke. Di sini, setiap kain bermotif menceritakan kisah unik dari daerah asalnya dan kita bisa melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana keindahan batik memukau dengan pesona yang beragam.

Pembatik HBN 2

Museum Batik Indonesia 2

Namun, perayaan ini bukan hanya tentang memamerkan keindahan batik, melainkan juga tentang mencintai dan melestarikan warisan budaya kita. Hari Batik Nasional 2023 menjadi momentum penting untuk meningkatkan rasa cinta dan kebanggaan masyarakat, khususnya anak muda, terhadap tradisi batik yang telah menghiasi peradaban Indonesia selama berabad-abad.

“Satu hal penting dari perayaan Hari Batik Nasional ini adalah adanya transfer ilmu yang dilakukan oleh para maestro pengrajin baik kepada generasi muda dengan tujuan agar budaya batik dapat terus dilestarikan dari generasi ke generasi dan hadirnya 125 pembatik untuk bersama-sama membatik ini merupakan langkah yang sangat penting untuk terwujudnya pewarisan tersebut melalui momen Hari Batik Nasional tahun ini besar harapan saja agar semakin banyak generasi muda yang tertarik dan mempelajari kemampuan membatik juga lahir para pembatik muda yang berinovasi dan berkontribusi terhadap perkembangan batik di masa selanjutnya,” ujar Bapak Nadiem Makarim selaku Mendikbudristek.

Di atas semarak perayaan ini, terdapat dua hal yang patut dibanggakan terkait Hari Batik Nasional 2023. Pertama adalah pemecahan rekor MURI untuk kategori “Membatik Secara Serentak dengan Motif Terbanyak” pada 1 Oktober yang melibatkan 125 pembatik yang menghadirkan 125 ragam motif batik nusantara.

Pembatik HBN

Berikutnya adalah peresmian Museum Batik Indonesia pada 2 Oktober, bertepatan dengan Hari Batik Nasional. Di hari yang membanggakan ini Indonesia akhirnya memiliki wadah untuk menyimpan dan memamerkan keajaiban batiknya bagi generasi-generasi yang akan datang.

Peresmian Museum Batik Indonesia

Museum Batik Indonesia

Tidak lupa, perayaan Hari Batik Nasional 2023 juga turut dimeriahkan dengan berbagai kegiatan seperti lomba karya tulis ilmiah batik, menyaksikan proses membatik secara langsung, edukasi tentang batik untuk pelajar, hingga fashion show batik.