Share
Semakin Sukses dengan Film Kedua, “Dune: Part Three” Dikonfirmasi Sudah Mulai Dikembangkan
Putrika Annaya Salsabila
05 April 2024

Kabar bahagia untuk para penggemar “Dune” sebab film ketiga dari franchise ini sudah dalam tahap pengembangan!


Denis Villeneuve sukses mengukir prestasi gemilang dengan adaptasi epiknya, "Dune", yang mendapat sambutan hangat dari para kritikus dan penggemar film. Film pertama dari seri ini, "Dune: Part One", meskipun mengalami kesulitan di box office akibat perilisan streaming secara bersamaan dengan bioskop dan kondisi pandemi yang membuat penonton ragu, namun berhasil mendapat sambutan positif.

Sedangkan sekuelnya, "Dune: Part Two", justru sukses besar dengan pendapatan tertinggi di tahun 2023 hingga saat ini, mencapai $630.2 juta di seluruh dunia.

Kini, berita menggembirakan datang bagi para penggemar "Dune" dengan konfirmasi pengembangan "Dune: Part Three" oleh Legendary. Kabar ini diungkapkan melalui laporan terbaru dari Deadline.

Dune 3 1

Selain mengumumkan proyek selanjutnya dari Villeneuve, dilaporkan pula bahwa film berjudul "Nuclear War: A Scenario" akan diproduksi setelah adaptasi "Dune Messiah". Villeneuve bahkan sudah memberi bocoran bahwa proses penulisan skrip sudah dimulai, sesuai dengan tekadnya untuk mengadaptasi novel kedua dalam seri fiksi ilmiah karya Frank Herbert tersebut.

Meskipun sudah menjadi harapan banyak pihak bahwa Villeneuve akan diberi kesempatan untuk mengadaptasi "Dune Messiah", namun belum ada kepastian dari pihak Warner Bros. Villeneuve sendiri telah berbicara terbuka tentang keinginannya untuk membuat tiga film "Dune" sejak sebelum perilisan "Dune: Part One" pada tahun 2021.

Bahkan, bintang utamanya, Timothée Chalamet, sempat memberikan bocoran plot penting dari "Messiah" dalam sebuah wawancara pada tahun 2023.

Dune 3 2

Namun, sejak perilisan "Dune: Part Two" pada awal Maret, Villeneuve tampak lebih berhati-hati dalam membahas kemungkinan film ketiga ini. Ia mengonfirmasi bahwa ia masih bekerja pada skripnya, yang ia sebut "masih dalam tahap awal”, saat akhir pekan pembukaan "Dune: Part Two".

Villeneuve bahkan mengakui bahwa ia hanya akan membuat film ketiga jika "akan lebih baik dari film kedua”. Mengingat sambutan yang luar biasa dari "Dune: Part Two", ini adalah tantangan yang sangat besar, namun rekam jejak Villeneuve telah memberikan harapan akan kesuksesan "Dune: Part Three".

Dune 3 3

Meskipun pengembangan "Dune: Part Three" belum sepenuhnya menjamin bahwa film tersebut akan segera diproduksi, namun ini merupakan langkah awal yang sangat positif. Kemungkinan besar, langkah selanjutnya dari Villeneuve adalah menyelesaikan skrip dan berkolaborasi dengan tim kreatifnya untuk memastikan mereka memiliki sumber daya dan kemampuan yang memadai untuk mengadaptasi cerita dengan baik.

Kelihatannya hampir pasti bahwa Warner Bros. akan memberikan lampu hijau untuk produksi "Dune: Part Three", mengingat dua film sebelumnya telah menjadi hit besar bagi studio tersebut. Jika ada hal yang menjadi penentu nasib film ini, maka itu adalah keyakinan Villeneuve terhadap materi cerita.

Dune 3 4

Dalam laporan tersebut disebutkan bahwa adaptasi "Nuclear War" akan datang setelah "Dune: Bagian Ketiga", yang menunjukkan bahwa film "Messiah" merupakan prioritas utama bagi Villeneuve dan Legendary. Namun, Villeneuve juga telah mengisyaratkan bahwa ia ingin membuat satu film lain sebelum kembali ke Arrakis, sehingga kemungkinan besar "Dune: Part Three" tidak akan tayang hingga tahun 2027 atau lebih.

Meskipun demikian, pengembangan proyek ini menegaskan bahwa minat nyata untuk mewujudkannya, sehingga franchise "Dune" berada dalam posisi yang sangat positif.