Self-Healing Sebagai Langkah Awal Memulai Tahun 2021

Relationship07 January 2021

By Rahayu Indah

Self-Healing Sebagai Langkah Awal Memulai Tahun 2021

Menghadapi tahun 2021 kita dapat memulai tahun dengan self-healing untuk merencanakan harapan dan masa depan yang akan dilalui di tahun yang baru.


Memulai tahun 2021 ada baiknya kita boleh mengingat kembali hal-hal yang baik, maupun kurang baik dan menjadikannya pengalaman berarti untuk menghadapi tahun yang terus lebih baik. Pengalaman sekaligus pembelajaran yang kurang baik dan mungkin memberi luka pada hati perlu disembuhkan terlebih dahulu. Hal yang bisa kita lakukan adalah dengan melakukan self-healing, yakni proses yang dilalui seseorang untuk menyembuhkan diri yang dilakukan oleh dan untuk dirinya sendiri.

Self-healing akan membantu kita dalam menyelesaikan berbagai pengalaman yang melelahkan secara emosional. Dengan self-healing seseorang akan terdorong untuk memahami diri sendiri melalui pikirannya sendiri. Self-healing adalah langkah awal yang tepat sebelum kita menghadapi tahun yang baru. Memang tidak bisa dipungkiri dan disadari bahwa yang mengenal kita adalah diri kita sendiri, sehingga hanya kita yang tahu cara paling tepat untuk mengontrol diri kita dalam menghadapi setiap pengalaman yang terjadi, karena yang tahu persis kebutuhannya adalah diri kita sendiri.

Self-healing bisa dilakukan dengan berbagai cara, seperti menyediakan me-time. Dengan kita menyediakan waktu untuk diri sendiri dan tentunya memberikan self-reward atas apa sudah dilalui selama ini kepada diri sendiri, akan membuat hidup menjadi lebih bermakna. Self-healing juga dilakukan ketika kita jujur pada diri sendiri, baik tentang keinginan maupun kebutuhan diri. Dengan jujur pada diri sendiri, kita bisa mengajak diri sendiri untuk berdamai dengan keadaan.

Kita juga perlu mengelola pikiran, perasan, dan social life yang benar-benar membuat kita menemukan diri kita yang sebenarnya. Dengan hal tersebut, kita bisa lebih memaknai diri dan kehidupan. Kita juga perlu menjaga diri sendiri secara fisik dan mental supaya lebih sehat. Secara fisik, kita bisa melakukan kegiatan yang positif seperti berolahraga dan mengecek kesehatan secara teratur. Dengan fisik dan mental yang sehat maka kita akan lebih mudah berpikir jernih dan positif, dan tentunya siap menghadapi pencapaian-pencapaian baru di tahun yang baru.