Tak Hanya untuk Kecantikan, Inilah Beberapa Khasiat Lidah Buaya yang Baik Bagi Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
01 August 2022

Lidah buaya atau Aloe vera merupakan salah satu jenis tumbuhan yang terkenal dengan segudang khasiatnya, khususnya untuk kecantikan.


Tidak hanya untuk kecantikan seperti rambut dan kulit, lidah buaya juga memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Memiliki tekstur yang kenyal seperti gel, lidah buaya memiliki sejumlah kandungan baik seperti antioksidan, enzim, serta vitamin A dan C. Berikut adalah beberapa manfaat lidah buaya untuk kesehatan dilansir dari Halodoc.

Turunkan Gula Darah

Mengonsumsi 2 sendok gel lidah buaya setiap hari dipercaya mampu menurunkan kadar gula darah. Meski begitu, pengidap diabetes harus berhati-hati saat mengonsumsi lidah buaya bersama dengan obat penurun glukosa. Hal ini karena jus bersama dengan obat diabetes bisa menurunkan jumlah glukosa ke tingkat yang terlalu rendah dan berbahaya.

Mengatasi Kondisi Kulit

Memiliki kandungan yang berperan sebagai anti-inflamasi, lidah buaya juga mampu memberikan efek menenangkan serta mengurangi peradangan atau rasa gatal pada kulit.

Mengobati Luka Bakar

Seperti yang telah dijelaskan, lidah buaya yang memiliki sifat menenangkan, melembapkan, dan mendinginkan ini juga mampu mengobati luka bakar atau sengatan matahari.

Menjaga Kesehatan Mulut

Penelitian dari Pediatric Dentistry menemukan bahwa orang yang menggunakan pasta gigi lidah buaya mengalami peningkatan kesehatan mulut tanpa efek samping.

Menjaga Pencernaan

Lidah buaya juga bisa membantu menghambat pertumbuhan bakteri H. pylori, yang ditemukan di saluran pencernaan, yang merupakan penyebab umum dari tukak lambung. Lidah buaya juga mampu menyembuhkan dan menenangkan penyakit perut.