Selain Menyegarkan, Cincau Ternyata Miliki Banyak Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
08 July 2022

Memiliki tekstur yang lembut dan sedikit kenyal layaknya jelly, cincau menjadi salah satu jenis makanan yang digemari dan memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan.


Nama cincau tentu sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Makanan ini biasanya diolah untuk dijadikan minuman ataupun sekadar menjadi pendamping minuman segar ataupun es. Cincau atau yang biasa disebut grass jelly ini merupakan jenis makanan sejenis agar-agar yang berasal dari beberapa jenis tumbuhan.

Selain nikmat dan menyegarkan, cincau hijau ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk kesehatan. Berikut beberapa manfaat cincau hijau yang perlu Anda ketahui.

Melancarkan Pencernaan

Mengandung vitamin B dan C serta kandungan serat di dalam cincau dapat mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit, diare, dan mulas.

Pengontrol Berat Badan

Cincau memiliki kandungan vitamin A, B1, C dan juga kalsium phosphorus, serta karbohidrat yang rendah kalori. Mengonsumsi cincau sangat baik bagi Anda yang tengah melakukan proses diet karena cincau memiliki serat tinggi yang mampu menunda rasa lapar.

Meningkatkan Asam Lambung dan Mengatasi Maag

Dilansir dari Dokter Sehat, cincau mengandung vitamin C dan antioksidan yang mampu memperkuat otot perut. Kandungan ini dapat membantu untuk membunuh bakteri penyebab penyakit maag dan meningkatkan asam lambung.

Mengobati Demam dan Radang

Di dalam cincau terdapat kandungan alkaloid, flavonoid, saponin, tendradine, kardioplegik, vitamin A dan B yang memiliki efek anti racun dan anti inflamasi. Mengonsumsi cincau hijau saat radang tenggorokan atau demam sangat baik untuk meredakan gejala tersebut.