Selain Menyegarkan, Buah Lontar Ternyata Miliki Banyak Manfaat dan Khasiat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
16 January 2023

Anda mungkin sudah tidak asing dengan nama buah yang satu ini. Belakangan memang nama buah lontar cukup berseliweran di mana-mana seperti TikTok dan media sosial lainnya.


Buah yang memiliki nama latin Borassus flabellifer ini banyak tumbuh di negara Asia Selatan dan Tenggara. Di Indonesia sendiri, buah lontar akan banyak Anda jumpai di bagian timur Jawa, Madura, Bali, Nusa Tenggara Barat, dan Nusa Tenggara Timur.

Buah yang sekilas tampak seperti kelapa kecil ini memiliki tekstur dan bentuk yang serupa dengan kolang-kaling. Buah lontar memiliki kandungan air yang banyak dan rasa yang nikmat. Berikut adalah beberapa manfaat dari buah lontar yang wajib Anda ketahui.

Mencegah Dehidrasi

Kandungan air yang banyak di dalam buah lontar mampu membantu mencegah dehidrasi. Buah lontar juga memiliki sifat diuretik, artinya bisa melancarkan pembuangan urine. Mengonsumsi buah lontar dapat membantu menyeimbangkan kadar cairan serta menyejukkan tubuh.

Mengatasi Masalah Pencernaan

Manfaat lain dari buah lontar ini adalah mampu mengatasi masalah pencernaan seperti sembelit serta membantu meningkatkan pergerakan usus secara normal. Buah lontar juga dipercaya mampu menurunkan kadar asam lambung dan mengobati maag.

Membantu Menurunkan Berat Badan

Buah lontar memiliki kandungan serat yang dapat membantu pembentukan bakteri baik pada tubuh yang memberi manfaat untuk kesehatan pencernaan. Kaya akan kandungan air juga membuat buah lontar membuat Anda merasa kenyang lebih lama.

Mengatasi Masalah Kulit

Buah lontar memiliki kandungan anti-inflamasi yang mampu membantu mengobati kemerahan pada kulit, biang keringat, ataupun ruam serta kemerahan akibat paparan sinar matahari.