Selain Menjadi Negara Terbahagia di Asia, Apa Saja Keunikan Bhutan?

Travel06 August 2021

By Rambu Moara

Selain Menjadi Negara Terbahagia di Asia, Apa Saja Keunikan Bhutan?

Berada di posisi 95 dari 156 dalam Gross National Happiness (GNH), Bhutan menjadi negara terbahagia di Asia. Apa saja keunikan negara ini? Simak artikel berikut!


Setiap negara memiliki keunikannya tersendiri pada setiap aspeknya. Membahas mengenai keunikan negara, kali ini HighEnd akan memperkenalkan negara Bhutan, sebuah negara kecil yang menduduki posisi pertama negara paling bahagia di Asia. Akan tetapi banyak yang masih bertanya-tanya, di mana lokasi negara Bhutan itu?

Menjadi salah satu negara yang cukup tertutup di Asia membuat tidak banyak orang mengetahui keberadaannya. Bhutan terletak dikawasan Himalaya, di mana Bhutan diapit oleh 2 negara besar, yaitu China dan India.

Dari fakta geografis tadi, apakah Anda dapat membayangkan bagaimana keunikan Bhutan karena diapit oleh dua negara dengan budaya yang bertolak belakang? Simak beberapa keunikan Bhutan berikut ini!

1. Mayoritas Wilayah Bhutan Adalah Hutan

Bhutan terkenal dengan wilayahnya yang hijau. Hampir 70% wilayah di Bhutan ditutupi oleh hutan dan tidak tersentuh oleh manusia. Ini juga sejalan dengan peraturan pemerintah setempat agar dipertahankan minimal 60% dari wilayah hutan di Bhutan.

2. Masyarakat Bhutan Terkenal Sangat Ramah

Bhutan menjadi salah satu negara yang sangat ramah pada wisatawan asing. Dilansir dari YouTube Yes Theory, masyarakat Bhutan akan selalu tersenyum jika berpapasan dengan siapapun, termasuk pada orang asing.

3. Masyarakat Bhutan Menggunakan Baju Tradisional Setiap Hari

Selain melarang adanya pengrusakan hutan, pemerintah juga mewajibkan masyarakat Bhutan untuk menggunakan baju tradisional dalam kesehariannya. Untuk laki-laki, baju tradisional Bhutan disebut Gho, dan untuk perempuan disebut Kira.

4. Souvenir Unik Bhutan

Jika Anda berkunjung ke kuil kecil atau ke toko souvenir, jangan terkejut bila Anda menemui minicreatur dengan bentuk alat kelamin laki-laki. Ini bukan bentuk mencela, melainkan simbol keberuntungan dan menjauhkan mereka dari kutukan.

5. Festival Kebudayaan Bhutan

Di negara manapun, akan selalu ada jenis festival yang menggambarkan kebudayaannya. Begitu pula di Bhutan, tepatnya di Thimphu, terdapat sebuah festival keagamaan yang memperingati kelahiran Guru Rinpoche. Festival ini berlangsung selama 3 hari pada tanggal 10 bulan 8 di kalender Lunar.

Masyarakat di sana percaya dengan menghadiri festival ini, seseorang dapat memperoleh berkat melimpah. Itulah mengapa adanya festival ini untuk merayakan dan berterima kasih atas kemakmuran dan memohon berkat dari para dewa.

6. Negara Bhutan Memiliki Banyak Kuil Buddha

Terkenal dengan negara yang memeluk agama Buddha, tidak mengherankan jika Bhutan memilki banyak kuil untuk berdoa bagi para biksu. Salah satu kuil yang terkenal akan keindahan dan keunikannya adalah Tiger’s Nest atau Kuil Sarang Macan di Paro Valley.

Keunikan kuil ini adalah karena dibangun tepat di sisi tebing. Selain itu, Tiger’s Nest juga dapat dijadikan tempat trekking karena memiliki lahan yang curam.

7. Kuliner Bhutan yang Unik

Membahas keunikan sebuah negara tidak akan lepas dari yang namanya kuliner. Jika Anda akan berwisata ke Bhutan, jangan lupa untuk mencicipi salah satu makanan favorit turis satu ini, yaitu makanan bernama Jasha Maru.

Jasha Maru adalah semur ayam Bhutan yang sering juga disebut sebagai kari ayam. Campuran bumbu khas Bhutan dengan jahe dan rasa pedas yang kuat akan menambah keunikan rasanya. Biasanya, Jasha Maru dimakan bersama Nasi Coklat Bhutan.

8. Gross National Happiness Bhutan

Salah satu keunikan Bhutan adalah tidak menggunakan Gross Domestic Product (GDP) melainkan Gross National Happiness (GNH) untuk menentukan seberapa bahagia dan sejahtera warganya.

Mantan Perdana Mentri Bhutan, Tsering Tobgay, melalui wawancara dengan Yes Theory mengungkapkan bahwa masih banyak orang yang salah mengartikan kata bahagia dari GNH ini. Masyarakat Bhutan merasa bahagia bukan karena seluruh kehidupan mereka terpenuhi, akan tetapi karena mereka puas dengan gaya hidup mereka saat ini.

Berikut tadi adalah delapan dari sekian fakta unik tentang Bhutan yang berhasil HighEnd rampung untuk Anda. Apakah Anda masih penasaran dengan keadaan asli di negara Bhutan? Jangan lupa tambahkan negara Bhutan sebagai salah satu wishlist traveling destination Anda dan tunggu pandemi selesai untuk mengunjungi negara unik satu ini.