Selain Cita Rasa Rempah yang Khas, Rosemary Ternyata Miliki Sejumlah Manfaat untuk Kesehatan
Dewi Anggriani Siregar
12 July 2022

Anda tentu sudah tidak asing dengan nama tumbuhan yang satu ini. Biasa digunakan sebagai bumbu masakan, rosemary ternyata juga memiliki segudang manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.


Rosemary merupakan tanaman asal mediterania yang dan masih termasuk dalam keluarga mint Lamiaceae dan tumbuhan lainnya seperti oregano, timi, kemangi, serta lavender. Nama rosemary sendiri berasal dari bahasa Latin, 'ros' yang berarti embun dan 'marinus' yang berarti laut.

Anda akan sangat mudah menumukan rosemary dalam western food atapun proses pengolahan daging steak. Tidak hanya steak, rosemary juga biasanya digunakan sebagai bumbu untuk sajian sup dan salad. Rosemary digunakan sebagai bumbu atau rempah suatu makanan karena aromanya yang khas dan segar dapat membuat masakan menjadi lebih lezat.

Tidak hanya diolah sebagai rempah untuk bahan makanan, rosemary juga memiliki banyak khasiat untuk kesehatan salah satunya adalah sebagai aromaterapi. Berikut adalah beberapa manfaat lain dari rosemary yang wajib Anda ketahui.

Melancarkan Pencernaan

Rosemary dipercaya dapat mendukung keseimbangan bakteri usus yang sehat dan mengurangi peradangan. Bakteri sehat dalam usus dapat mengoptimalkan dan melancarkan fungsi pencernaan.

Antioksidan

Rosemary diketahui memiliki banyak kandungan antioksidan yang mampu membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan sirkulasi darah.

Mengurangi Stres dan Cemas

Mengonsumsi teh ekstrak rosemary mampu membantu mengatasi perasaan stres dan cemas. Hal ini dikarenakan kandungan rosmarinic acid, luteolin, dan carnosic acid yang mampu memengaruhi fungsi saraf atau memberikan efek tertentu sehingga dapat mengurangi kecemasan. Untuk merasakan manfaat dari fungsi ini Anda juga bisa menggunakan aromaterapi dari ekstrak rosemary.

Mengurangi Risiko Kanker

Dikutip dari Hello Sehat, rosemary berasal dari kandungan yang bersifat antioksidan. Jadi, antioksidan ini menangkal radikal bebas pemicu kanker.