Seeforcare, Gerakan Rania di Usia Muda untuk Masyarakat Indonesia
Salsabila Andika Putri
19 September 2022

Rania Salsabila Azzahra mengajak orang-orang untuk memiliki wawasan yang lebih luas tentang masalah sosial


Rania adalah seorang gadis yang baru saja lulus dari sekolah menengah pertama dan melanjutkan pendidikannya di British School Jakarta. Terlepas dari semua bisnis yang dia jalani, seperti meet and greet dan konser yang baru saja dia selenggarakan, dia masih menyempatkan diri datang bersama dengan ibunya untuk wawancara eksklusif dengan HighEnd Magazine. Pada kesempatan ini, Rania Salsabila Azzahra berbagi pengalamannya dengan komunitas sosialnya.

Berpartisipasi aktif dalam komunitas penyebab sosial sejak dia masih kecil, Rania membuat komunitas yang mendukung masalah sosial yang disebut seeforcare. Komunitas ini didedikasikan untuk remaja dan anak muda yang tertarik untuk membantu orang lain.

Meskipun epidemi COVID-19 belum memudar dan situasinya saat ini masih belum pasti, ketulusannya dalam berkomunitas juga telah ditunjukkan dari partisipasi aktifnya. Dia mengusulkan agar seeforcare berfokus pada 4 pilar yang menjembatani komunitas secara keseluruhan.

Terdapat program Education, Health, Economic Empowerment, and Art & Culture yang mereka beri perhatian.

Komunitas ini aktif di jantung Bekasi, tetapi untungnya, saat ini mereka mulai tumbuh dan menyebar luas, tentu saja tetap ke arah tujuan yang baik. Rania mengatakan bahwa seeforcare bahkan diadakan di Surabaya. Mereka juga melakukan kolaborasi dengan Polres Metro Bekasi untuk berbagi bahan makanan bagi mereka yang membutuhkan.

"Ada momen berharga saat aku turun langsung berkegitan di Muara Gembong dengan volunteer seeforcare lainnya," kata Rania mengenang saat-saat pertama kali dia berpartisipasi dalam memberikan bantuan kepada orang-orang Muara Gembong.

Gadis favorit Gadis Sampul 2020 mengatakan kepada HighEnd Magazine bahwa ini adalah pertama kalinya dia melihat kondisi Muara Gembong dan serta merta terkejut.

"Ternyata, beda banget sama di kota ya lokasinya, padahal masih satu daerah dengan Bekasi." Rania mengatakan bahwa orang-orang di sana memiliki situasi yang sulit. Setiap hari pasang surut air di sana membuat orang-orang memiliki kesulitan untuk hidup.

Memerangi kemiskinan, penyanyi dari lagu “Bersujud Pada-Mu” ini akhirnya mengusulkan agar orang-orang harus lebih aware akan kondisi masyarakat kita dan peduli akan hal itu. Dia juga mengundang teman-temannya untuk bergabung dengan komunitasnya yang memiliki tujuan mulia, yaitu seeforcare.

"Ayo join aku bersama seeforcare!" dia berkata. Rania juga merasa bersyukur bahwa dia dan ibunya dapat berbagi pemikiran dan berterimakasih pada HighEnd Magazine telah memberikan apresiasi melalui wawancara ini.

Photos: Febi Ramdhan
Styling: Bung Bung Mangaraja