Sedang Naik Daun, Liburan Sekaligus Self-Healing dengan Ritual Melukat di Bali
Putrika Annaya Salsabila
09 August 2022

Jika Anda bosan dengan kegiatan liburan yang itu-itu saja, maka wisata spiritual melukat di Bali bisa menjadi pilihan yang tepat untuk Anda!


Belakangan ini, destinasi liburan di Bali bukan hanya melulu di pantai, seperti Pantai Kuta. Gencarnya promosi di wilayah Bali menghasilkan destinasi-destinasi unik lainnya ikut populer. Salah satunya adalah melukat yang termasuk wisata spiritual di Bali. Sekarang ini, tradisi melukat terlihat mulai banyak digandrungi banyak orang, tidak terkecuali para selebriti. Mulai dari Pevita Pearce, Jessica Iskandar, Nikita Willy, Cinta Laura Kiehl, Valerie Thomas, bahkan Raline Shah terlihat membagikan pengalaman mereka saat melukat melalui akun media sosialnya.

Melukat sendiri adalah salah satu tradisi keagamaan umat Hindu di Bali, yaitu salah satu rangkaian dalam ritual Tirtayasa. Pada proses melukat, dilakukan serangkaian ritual bersembahyang, bermeditasi, atau mengambil tirta (air suci). Tujuan utama dari tradisi ini adalah untuk membersihkan jiwa dari hal negatif, seperti kecemasan, mimpi buruk, penyakit, dan lain-lain. Meskipun tradisi ini adalah kegiatan keagamaan umat Hindu, tapi para pendeta Hindu tidak melarang siapapun yang ingin ikut ritual melukat.

Tidak heran jika popularitas tradisi ini meningkat sebab sifatnya terbuka untuk dilakukan oleh siapa saja. Selain itu, para influencer seperti artis-artis tanah air juga gencar membagikan pengalaman mereka saat melukat melalui media sosial sehingga para pengikutnya juga menjadi penasaran dan ikut mencoba. Kegiatan melukat ini memang cocok bagi Anda yang ingin rehat sejenak dari hiruk-pikuk kota untuk refreshing dan healing. Setelah melaksanakan ritual ini, Anda dapat merasakan kesegaran dan juga ketenangan.

Serangkaian kegiatan yang dilakukan saat melukat, seperti sembahyang dan duduk merenung sambil mendengarkan kisah-kisah alam, juga akan membawa Anda pada suasana yang khusyuk. Bukan hanya membersihkan diri dengan air suci, Anda juga akan diajak ke tempat-tempat keramat dan unik saat melukat. Dengan itu, para wisatawan akan mendapatkan unique experience yang tidak bisa dirasakan di sembarang tempat.

Beberapa lokasi di bawah ini bisa menjadi opsi Anda untuk mengikuti ritual melukat di Bali:

Desa Pekraman Sebatu, Gianyar Bali

Pura Tirta Empul, wilayah Tampak Siring

Pesiraman Sebatu atau Pura Dalem Pingit Sebatu

Pura Campuhan Windhu Segara

Pura Gua Giri Putri, Nusa Penida

Pura Taman Mumbul, Sangeh.

Selain mendatangi beberapa lokasi di atas, Anda juga bisa mendatangkan pendeta Hindu langsung ke rumah Anda.