Share
Sebagai Pengganti Nasi, Inilah Rekomendasi Makanan Berkarbohidrat Yang Mengenyangkan
Vina Meliana
06 April 2022

Nasi identik dengan kalori yang tinggi sehingga membuat makanan ini kurang cocok bagi Anda yang sedang diet. Maka dari itu, dibutuhkan makanan pengganti nasi yang rendah kalori dan juga sehat.


Mengonsumsi nasi merupakan salah satu kebiasaan masyarakat Indonesia yang tidak bisa dilepaskan. Bahkan di setiap rumah makan, pasti akan menyajikan nasi sebagai makanan berat. Nasi memang dapat memberikan rasa kenyang yang lama sehingga membuat banyak orang yang mengincar nasi sebagai makanan utama.

Tetapi nasi merupakan salah satu karbohidrat yang tinggi kalori dan gula. Oleh karena itu, makanan ini dirasa kurang cocok untuk diet. Namun untuk saat ini banyak alternatif makanan pengganti nasi yang bisa memberikan rasa yang kenyang lebih lama dan pastinya rendah kalori.

Kentang

Kentang merupakan salah satu jenis makanan karbohidrat yang aman untuk tubuh. Rasa yang padat dari makanan ini dapat membuat Anda akan merasa kenyang lebih lama. Selain itu, kandungan nutrisi yang ada pada B6, B1, B3, dan B5 baik untuk kesehatan tubuh.

Supaya tidak bosan mengkonsumsi kentang sebagai makanan pengganti nasi, maka Anda bisa memodifikasi makanan ini menjadi berbagai masakan yang nikmat. Sifat kentang yang mudah diolah, membuat makanan ini populer menjadi makanan pengganti nasi yang nikmat dan rendah kalori.

Roti

Mengonsumsi roti merupakan salah satu pilihan bagi Anda yang tidak menyukai nasi. Terutama bagi orang barat, yang lebih memilih roti daripada nasi putih sebagai sumber karbohidratnya.

Bagi Anda yang menjalani diet, lebih baik mengkonsumsi roti gandum sebagai pilihan makanan berat. Serat yang ada pada gandum dapat meningkatkan sistem pencernaan dan juga mengontrol berat badan. Maka, dengan mengkonsumsi roti gandum, Anda akan mendapatkan sumber karbohidrat dan berbagai manfaat.

Quinoa

Mungkin untuk sebagian orang kurang familiar dengan biji - bijian satu ini. Tekstur yang crunchy yang membuat banyak orang ragu terhadap kandungan manfaat dari quinoa. Hal yang perlu Anda ketahui bahwa quinoa juga merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik untuk tubuh.

Anda bisa mengolah quinoa menjadi makanan lezat pengganti nasi pada umumnya. Kebanyakan orang Indonesia yang mengkonsumsi quinoa, biasanya akan mencoba mengolahnya menjadi nasi goreng. Layaknya nasi biasa, Anda bisa memasukan bumbu nasi goreng seperti pada umumnya. Yang pastinya ini akan menjadi hidangan yang lezat dan tekstur yang unik karena berasal dari quinoa.