Share
Sambut Oscar 2024, Sejumlah Nominasi pun Telah Diumumkan!
Dewi Anggriani Siregar
26 January 2024

Acara penghargaan paling bergengsi, Academy Awards ke-96 atau Oscar 2024 baru saja mengumumkan daftar lengkap nominasinya.


Pengumuman tersebut disampaikan oleh Zazie Beetz dan Jack Quaid di Teater Samuel Goldwyn Theater in Beverly Hills, AS, pada Selasa, 23 Januari 2024. Momen tersebut juga turut dihadiri oleh pemeran-pemeran terkenal dari film seperti Atlanta, Joker, The Boys, dan Oppenheimer.

Menariknya, Oppenheimer mendominasi banyak nominasi termasuk di kategori utama yakni Best Picture, Best Director, Best Actor, Best Supporting Actor, Best Supporting Actress, Best Adapted Screenplay, dan masih banyak lagi. Film karya Christopher Nolan ini sukses memimpin dengan 13 nominasi besar. Sementara itu di posisi kedua ada "Poor Things" karya Yorgos Lanthimos meraih 11 nominasi, mengungguli "Killers of the Flower Moon" karya Martin Scorsese yang mendapatkan 10 nominasi. Tidak mau kalah, "Barbie" sebagai film pessaingnya yang dirilis berbarengan dan sempat menuai fenomena “Berbenheimer” pun menyabet delapan nominasi.

Selain film, tentunya sejumlah nama besar pun turut masuk sebagai nominasi seperti Greta Gerwig dalam nominasi Best Director atau Sutradara Terbaik. Ada pula Emily Blunt, Jeffrey Wright, America Ferrera, Sandra Huller, Jeffrey Wright hingga Cicilian Murphy dan masih banyak lagi.

Acara penghargaan perfilman paling bergengsi ini dijadwalkan berlangsung pada 10 Maret 2024 di Dolby Theatre di Hollywood, California, Amerika. Acara akan kembali dipandu oleh Jimmy Kimmel, yang telah menjadi pembawa acara Oscar untuk keempat kalinya.