Share
Sambut Hari Batik Nasional, Yayasan Batik Indonesia Gelar Kegiatan Spesial di Museum Batik Indonesia
Trisha Aulia
26 September 2023

Yayasan Batik Indonesia mengundang Anda untuk merayakan Hari Batik Nasional di Museum Batik Indonesia. Bergabunglah dalam berbagai kegiatan yang tidak hanya menarik untuk diikuti generasi muda, namun juga akan memperkuat warisan budaya batik Indonesia.


Pada tahun 2009, UNESCO resmi mengakui Batik Indonesia sebagai warisan budaya tak benda dunia dan sejak saat itu, setiap tanggal 2 Oktober diperingati sebagai Hari Batik Nasional, sebuah hari yang dijadikan momen istimewa untuk merayakan keindahan dan makna kain-kain bermotif ini bagi peradaban dan perkembangan kebudayaan Indonesia.

Tahun ini, peringatan tersebut akan menjadi yang ke-13 sejak pengakuan berharga tersebut, dan Yayasan Batik Indonesia (YBI) tengah bersiap untuk merayakannya dengan semangat dan kegembiraan yang luar biasa melalui serangkaian acara bertema “Bangkit Batik” yang mencerminkan segenap harapan untuk membangkitkan kembali industri batik dari dampak pandemi.

Hari Batik Nasional Presscon

“Tahun ini Yayasan Batik Indonesia (YBI) memperingati Hari Batik Nasional dengan memberikan edukasi kepada masyarakat mengenai keragaman batik yang ada di Indonesia dari Sabang sampai Merauke. Selain itu Hari Batik Nasional tahun ini juga memiliki misi untuk kembali membangkitkan industri batik pasca masa pandemi” ujar Shanty Leksono, Ketua Pelaksana Perayaan Hari Batik Nasional.

Perayaan Hari Batik Nasional 2023 ini akan menghadirkan kekayaan dan keragaman batik dari seluruh Indonesia, mengajak Anda untuk menjelajahi pesona budaya batik yang memukau dengan berbagai pola dan motif yang melintasi dari ujung Pulau Sumatera hingga ke tanah Papua.

Perhatian khusus dalam perhelatan tahun ini adalah melibatkan generasi muda, yang disebut sebagai Gen Z. YBI berkomitmen untuk membuat batik menjadi bagian dari identitas Gen Z, yaitu dengan menciptakan motif batik yang sesuai dengan selera mereka dan memberikan semangat muda dalam setiap aspek perayaan batik.

"Membawa misi untuk memberi edukasi bagi generasi muda, tentu saja pada perayaan Hari Batik Nasional tahun ini kami bakal memberikan berbagai upaya untuk membuat batik menjadi bagian dari identitas para Gen Z. Salah satu hal yang kami lakukan adalah dengan mengembangkan motif-motif batik yang disukai generasi muda, atau mengemas semua event-event batik dengan selera muda dan segala usia. Juga dengan mengadakan berbagai lomba, seperti salah satunya karya tulis batik yang tentunya mengarah pada Gen Z,” ungkap Wakil Ketua Yayasan Batik Indonesia Diana Sentosa.

Beberapa sorotan acara yang akan diselenggarakan di Museum Batik Indonesia dalam perhelatan Hari Batik Nasional mencakup pemecahan Rekor MURI bersama Seluruh Sentra Batik di Indonesia, Pengumuman Lomba Karya Tulis Batik, Pelatihan dan Edukasi Batik untuk Pelajar, serta sebuah fashion show spektakuler yang akan memamerkan ragam motif batik dari berbagai daerah di Indonesia.

Perayaan Hari Batik Nasional 2023 ini bukan hanya sekadar acara untuk menumbuhkan kecintaan dan kebanggan terhadap kebudayaan Indonesia. Ini juga merupakan kesempatan berharga bagi generasi muda Indonesia untuk memahami, mencintai, dan mewarisi warisan budaya nenek moyang mereka. Ayo, sambutlah Hari Batik Nasional 2023 dan bergabunglah dalam perayaan “Batik Bangkit”!