Rossa, Juga Menginspirasi Melalui Dunia Kecantikan

Profile15 June 2021

By Annisa Laksmintari

Rossa, Juga Menginspirasi Melalui Dunia Kecantikan

Sebagai salah satu penyanyi unggul dalam industri hiburan Indonesia, Rossa telah menguasai dunia musik selama lebih dari dua dekade. Prestasinya tak hanya bukti dari kehebatan bakat musiknya, tetapi juga kekuatan karakternya sebagai seorang wanita. Menyambut Hari Perempuan Internasional tahun ini, Rossa berbicara dengan HighEnd dan mengungkapkan seluk beluk menjadi figur publik wanita.


Wanita dikaitkan dengan begitu banyak peran, dan ketenaran tak membuatnya lebih mudah. Rossa berhasil menangani semuanya dengan anggun, menghadapi setiap rintangan dengan tenang. “Sebagai seorang entertainer wanita, status adalah salah satu tantangan terbesar. Saya seorang ibu, jadi tantangannya adalah bagaimana tetap mendidik anak saya, bagaimana menghabiskan waktu bersamanya dan menghindari membuatnya merasa 'ditinggalkan', ”ungkapnya.


Kesenjangan usia adalah hal lain yang harus ditangani oleh seorang entertainer agar tetap relevan dengan audiens mereka. “Saya beruntung karena saya bisa mengikuti perkembangan zaman dan tren, dan masih banyak orang yang menikmati lagu-lagu saya, termasuk generasi muda. Saya masih diundang untuk tampil di acara sekolah menengah dan festival musik. Senang mengetahui bahwa anak-anak masih bisa menghargai musik saya.”

Bahkan di puncak karirnya, Rossa mencari cara untuk menyebarkan inspirasi dan memberdayakan perempuan negeri ini dengan menggunakan platform-nya sebagai figur publik. Usahanya untuk membantu sesama wanita di Indonesia diluncurkan dalam bentuk lini kecantikannya, Rossa Beauty. “Saya ingin menemukan cara agar ibu muda atau mahasiswi dapat memperoleh uang tambahan untuk diri mereka sendiri. Melalui Rossa Beauty, mereka bisa bergabung dan menjadi reseller. Itu salah satu cara untuk mendorong wanita lain untuk sukses juga. Sudah ada ribuan anggota Rossa Beauty, dan mereka bahkan memiliki komunitas!” dia mengagumi.

Setelah menghabiskan beberapa tahun di mata publik, Rossa tidak diragukan lagi ketangguhannya dalam melewati semua tantangan dalam kehidupannya. Kunci menjadi wanita tangguh? Dia punya tiga. “Pertama-tama, jangan baper. Kedua, jangan terlalu sensitif. Ketiga, selalu miliki aura positif yang dapat menyemangati diri sendiri dan orang lain di sekitar Anda. Jadi dalam kondisi global yang penuh tekanan ini, kita harus berpikir positif, bertindak positif, dan jika mungkin, mempengaruhi orang lain dengan positive vibes kita,” katanya.

Rossa juga menekankan untuk memelihara semangat di dalam diri, terutama bagi mereka yang sedang atau masih bekerja untuk meraih mimpinya. “Jangan pernah kehilangan harapan. Banyak kisah sukses datang dari wanita yang memulai dari nol. Dari memiliki sedikit hingga tidak ada sama sekali, dengan konsistensi, akan datang hasil yang luar biasa. Kapan hasil yang luar biasa ini akan datang tidak ditentukan, karena selain usaha kita, yang lainnya ada di tangan Tuhan. Tapi percayalah.”