Share
Rosé BLACKPINK Ditunjuk Menjadi Juri ANDAM Fashion Awards Tahun Ini
Putrika Annaya Salsabila
29 April 2024

Tahun ini, Rosé BLACKPINK akan menjadi juri tamu untuk penghargaan mode bergengsi ANDAM Fashion Awards.


Suasana di arena mode penuh antusiasme seiring dengan pengumuman juri untuk penghargaan ANDAM tahun ini. Tak kalah glamor dari barisan depan di pertunjukan Saint Laurent, panel juri tahun ini dipenuhi oleh bintang-bintang terkenal.

Rosé BLACKPINK, model dan penyanyi Carla Bruni, serta aktris serta musisi Charlotte Gainsbourg adalah di antara 13 anggota tamu yang dipilih oleh Anthony Vaccarello, direktur kreatif rumah mode Prancis yang tak kalah gemilang, yang pernah menjadi penerima penghargaan pada tahun 2011 dan akan menjadi mentor bagi pemenang hadiah mode pada edisi peringatan 35 tahun.

Anja Rubik dan Alek Wek akan berbagi momen bersama mantan wajah kampanye Saint Laurent lainnya seperti Béatrice Dalle dan Rossy de Palma, di samping sutradara Gaspar Noé, aktor Niels Schneider, aktris Virginie Efira, penulis Virginie Despentes, dan penata gaya Emmanuelle Alt. Menyempurnakan grup ini adalah jurnalis Augustin Trapenard, yang menjadi tuan rumah podcast Saint Laurent Talks.

“Seperti yang dilakukan Mr. [Yves] Saint Laurent sepanjang hidupnya, yang mengelilingi dirinya dengan wanita-wanita yang esensial bagi inspirasinya, Anthony telah mengumpulkan di sekitarnya para muse dan teman-temannya,” kata Nathalie Dufour, pendiri dan direktur manajemen ANDAM.

“Model, penulis, penyanyi, atau aktris, mereka inspiratif, kreatif, bebas, berkuasa, mengesankan, dan sensitif. Melalui karier mereka masing-masing, mereka telah membangun gaya yang kuat dan akan memberikan perspektif mereka kepada para perancang mode masa depan, merayakan generasi berikutnya dalam desain mode serta 35 tahun ANDAM,” tambahnya.

Sebelumnya, anggota BLACKPINK yang lain, Lisa, telah bergabung sebagai anggota juri tamu pada tahun 2021.

Kompetisi desain tahun ini akan memberikan hibah total sebesar 700.000 euro kepada bakat-bakat muda. Pemenang hadiah utama akan menerima 300.000 euro, sementara runner-up akan mendapatkan 100.000 euro. Vaccarello akan memberikan nasihat selama satu tahun kepada kedua pemenang tersebut dalam hal dimensi kreatif dan strategis bisnis mereka.

Finalis akan diumumkan pada akhir Mei, dan upacara penghargaan dijadwalkan pada 27 Juni.

Saint Laurent menjadi salah satu sponsor korporat penghargaan ini, yang dipimpin oleh mitra bisnis jangka panjang pendiri Yves Saint Laurent, Pierre Bergé, mulai dari pembuatannya pada tahun 1989 hingga kepergian Bergé pada tahun 2017.

Pemenang sebelumnya termasuk Viktor & Rolf, Christophe Lemaire, Jeremy Scott, dan Marine Serre. Desainer Prancis Louis-Gabriel Nouchi meraih penghargaan pada tahun 2023, dengan Ester Manas dan Duran Lantink keduanya menerima Special Prize.

ANDAM—singkatan dalam bahasa Prancis untuk Asosiasi Nasional Pengembangan Seni Mode—didukung oleh sponsor korporat besar, termasuk Balenciaga, Bureau Betak, Chanel, Chloé, Fondation Pierre Bergé-Yves Saint Laurent, Galeries Lafayette, Google, Hermès, Kering, Lacoste, Longchamp, LVMH Moët Hennessy Louis Vuitton, L’Oréal Paris, Meta, Mytheresa, OTB, Premiere Classe, Saint Laurent, Swarovski, dan Tomorrow.

Kementerian Kebudayaan Prancis dan DEFI, badan yang mempromosikan pengembangan industri mode Prancis, juga merupakan mitra publik historis kunci dari ANDAM.