Ria SW Cerita Kisah Perjalanan Hidupnya Lewat Buku “OFF THE RECORD”

Profile21 July 2021

By Annisa Laksmintari

Ria SW Cerita Kisah Perjalanan Hidupnya Lewat Buku “OFF THE RECORD”

Berawal dari kecintaannya pada street food, Ria SW melakukan perjalanan keliling dunia dan merilis buku OFF THE RECORD.


Ria Sukma Wijaya atau lebih dikenal sebagai Ria SW merupakan seorang Youtuber yang channel-nya berisi vlog petualangan kulinernya yang unik. Ria telah lama membagikan keseruannya melalui YouTube dan kini ia bahkan telah menemukan kesuksesannya dalam industri kreatif lainnya.

Berawal dari kecintaannya pada street food, Ria berkolaborasi dengan sebuah kafe bertema Korea, Omija untuk meluncurkan serangkaian street snack Korea. Saat ini ia berhasil menyelesaikan buku trilogi yang berjudul “OFF THE RECORD”. Buku tersebut merupakan kumpulan cerita Ria di balik layar mulai dari petualangannya yang seru hingga ilustrasi lucu yang biasanya muncul pada video YouTube-nya. Pembuatan buku ini memakan waktu sembilan bulan hingga akhirnya dirilis untuk para penggemarnya yang telah setia menanti.

Ria menceritakan bagaimana proses pembuatan OFF THE RECORD 3 bersama tim yang membantunya mewujudkan rilisnya buku tersebut walau di tengah pandemi. Keterbatasan social distancing membuat semuanya dibahas melalui pertemuan online. Tidak jarang ia menemukan beberapa kesulitan ketika harus memeriksa sesuatu baik secara fisik dan intensif. Bagian favorit Ria dari OFF THE RECORD 3 adalah “You and Me” dan “Incomplete, 2020-Covid 19”. Di bagian tersebut Ria menceritakan mengenai pikiran dan kekhawatirannya selama ini.

Saat ini Ria SW sedang hiatus dari kehidupan YouTube-nya guna menjaga kualitas channel-nya. Menurut Ria, salah satu aspek penting dalam pembuatan video YouTube-nya adalah mengupayakan dengan maksimal segala hal yang ia lakukan. Ketika hal tersebut tidak dapat ia berikan, Ria lebih memilih untuk menundanya, sebab apa yang penontonya lihat di YouTube adalah karakter Ria di kehidupan nyata.

Dari berbagai negara dan tempat kuliner yang telah Ria kunjungi, hidangan favoritnya adalah Nasi Gandul di Semarang. Menurutnya Nasi Gandul ini seperti layaknya Gultik di Jakarta, di mana satu piring tidak akan pernah cukup. Kota lain yang memberikan Ria ketenangan dan kedamaian adalah Jogja. Makan pertama yang akan dicari nantinya jika ia ke sana lagi adalah Oseng Mercon. Selain itu, salah satu tujuan favorit Ria di luar negeri adalah Taiwan, dengan segala keramahan dan kegembiraan masyarakatnya. Mee Sua adalah makanan favorit Ria di Taiwan.

Destinasi terakhir favoritnya yang juga merupakan rumah kedua bagi Ria yaitu negara Korea Selatan. Di sana, ia telah belajar begitu banyak pelajaran dan mengumpulkan banyak pengalaman tentang kerja keras. Korea Selatan terkenal sangat kreatif dari segi makanan, seperti salah satunya adalah Kroket Wasabi. Kombinasi makanan itu menghasilkan rasa yang unik, bahkan bagi orang yang tidak menyukai wasabi pun akan menikmatinya.