Share
Resmi Dibuka! Pameran Lisensi dan Waralaba The 3rd ILE Indonesia Licensing Expo 2023
Dewi Anggriani Siregar
13 October 2023

Tren pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise kian meningkat. Seiring dengan demain yang tinggi serta respon positif dari masyarakat, Lisensi dan Franchise dinilai sebagai solusi yang tepat bagi para pengusaha dalam mengawali bisnis atau berwirausaha.


Mengusung tema LET’S RISE UP TOGETHER, TOGETHTER WE RISE UP! Pameran lisensi dan waralaba resmi dibuka di Jakarta. Pameran ini bertujuan agar para pelaku usaha usaha, para UMKM, lisensi, franchise dan waralaba merek lokal maupun Nusantara dapat bangkit kembali bersama-sama. Pameran lisensi (licensing) dan waralaba (franchise) di The 3 rd Indonesia Licensing Expo 2023 ini diselenggarakan oleh Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dan resmi digelar pada 11 Oktober 2023 sampai 14 Oktober 2023 di Ji Expo Kemayoran Jakarta. Calon pebisnis dan calon investor dapat mengunjungi stand – stand yang diminati untuk mencari tahu tentang rencana bisnis lisensi maupun franchise yang akan dijalani.

“Pertumbuhan bisnis lisensi dan franchise atau waralaba di Indonesia mengalami peningkatan yang cukup significant beberapa tahun ini. Demikian pula peningkatan kesadaran pelaku terhadap pentingnya perlindungan HKI di Indonesia juga meningkat pesat sejak 2019 lalu, ini terbukti dengan jumlah merek terdafar di tahun 2022 naik dan berkembang pesat dari 72.211 merek menjadi lebih dari 2 juta merek terdaftar”. ungkap Susanty Widjaya, selaku Ketua Umum Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) dalam sambutannya.

FRANCHISE

Selain menampilkan berbagai merek waralaba dan lisensi, ASENSI juga memperkenalkan logo L sebagai logo Lisensi sebagai bentuk kepedulian ASENSI bersama dengan kemendag dalam meningkatkan dan mengembangkan lisensi merek lokal Indonesia agar dapat menjadi usaha lisensi bahkan waralaba Indonesia yang mumpuni dan sebagaj merek yang tervalidasi Selain itu ASENSI juga menggelar Parade Maskot, Indonesia Licensing and Franchising Conference, International Licensing and Franchsiing Business Presentation. Selain itu juga terdapat berbagai program seminar maupun talkshow dalam pameran the 3rd ILE 2023 yang diharapkan bisa memberikan motivasi kepada para calon pengusaha yang ingin berwirausaha.

Indonesia Licensing Expo atau lebih dikenal dengan singkatannya ILE 2023 adalah pameran Licensing atau lisensi, Franchise atau Waralaba, Kemitraan, dan Peluang Usaha Indonesia ini juga didukung oleh Kementerian Lembaga dan salah satunya adalah Kementerian Perdagangan Republik Indonesia Dalam kesempatan ini, turut membuka dan hadir pada acara peresmian pembukaan The 3 rd ILE 2023, Bapak Hariyadi Sukamdani, Ketua Umum GIPI dan PHRI dan beliau juga adalah Dewan Pembina ASENSI. Beliau menyatakan dukungan penuhnya untuk semua kegiatan Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) terutama terhadap pertumbuhan merek lokal dan juga pertumbuhan perekonomian Indonesia. Daud D Salim, selaku CEO dari IMEI Krista Exhibitions juga turut menyatakan dukungan penuh dalam menyelenggarakan the 3rd ILE 2023 Jakarta yang merupakan momentum kebangkitan bagi para pelaku usaha untuk pertumbuhan perekonomian Indonesia yang semakin baik khususnya pada industri lisensi dan franchise.

Daud D Salim Direktur Jenderal Perdagangan Dalam Negeri Kementerian Perdagangan Republik Indonesia juga turut mengungkapkan bahwa pameran ini tentunya mendorong para pelaku bisnis lisensi dan franchise lokal dalam mengembangkan usaha dan membuka peluang bagi pengunjung yang ingin mencoba bisnis waralaba. Bapak Isy Karim, M.Si. dalam sambutannya juga menyampaikan bahwa dalam rangka menjaga konsistensi pertumbuhan ekonomi domestik, maka peran dan dukungan terhadap kewirausahaan harus mendapat perhatian sebesar-besarnya. Hal ini sejalan dengan amanat Presiden R.I. Joko Widodo bahwa bangsa Indonesia akan mengalami pertumbuhan ekonomi jika para wirausaha diberikan peluang yang seluas-luasnya untuk mengembangkan usaha. Sementara itu, DirJen PDN Kementerian Perdagangan menyampaikan komitmen untuk terus mendukung pengembangan Kewirausahaan Nasional untuk mengejar target pertumbuhan rasio kewirausahaan pada Tahun 2024 agar mencapai 4 persen. Kementerian Perdagangan Indonesia juga menyampaikan apresiasi sebesar-besarnya kepada Asosiasi Lisensi Indonesia (ASENSI) yang secara konsisten dan berkelanjutan memberikan kontribusi berharga untuk pembangunan nasional khususnya sektor Lisensi, Waralaba, dan merek-merek lokal.

Ikatan kuat dan kerja sama yang telah berjalan dengan sangat baik selama ini antara Kementerian Perdagangan dengan ASENSI kiranya dapat dipertahankan dan bahkan terus ditingkatkan. Selain itu, hadir dalam acara pembukaan, Kementerian Koperasi dan UKM R.I. yang diwakili oleh Ibu Assistant Deputi Pengembangan Bisnis dan Konsultasi, Ibu Destry Anna Sari yang juga sangat mendukung perkembangan lisensi merek dan produk UMKM lokal. Beliau juga mengapresiasi kegiatan ASENSI yang selalu memberikan edukasi HKI dan selalu konsisten dalam memberikan pelatihan, pembinaan dan pendampingan UMKM Indonesia.