Share
5 Resep Infused Water Super Mudah Ala Lounge Bintang Lima
Larasati Oetomo
28 July 2020

Walaupun kelihatan mudah, membuat infused water membutuhkan seni tertentu.


Kini, banyak orang mendapat banyak manfaat dari mengonsumsi infused water. Anda sering menemukannya di berbagai resto, kafe, lobi hotel, hingga lounge bandara. Sebagian orang mengemas infused water-nya sendiri ke dalam tumbler khusus agar dapat dibawa ke mana-mana. Apabila Anda adalah salah satu dari orang yang membuat infused water sendiri, pernahkah Anda mendapati bahwa infused water buatan Anda sendiri tidak sesegar atau selegit infused water buatan profesional?

Memang membuat infused water bukan sekadar memasukkan segala macam buah, sayur, dan rempah ke dalam air lalu didinginkan. Kita perlu memainkan “rasa” kita untuk menemukan kombinasi bahan dengan rasa yang padu, memerhatikan teknik mencuci dan memotong yang tepat, memeriksa kesegaran bahan, serta mengetahui manfaat dari bahan yang kita gunakan.

Sebelum masuk ke daftar 5 resep infused water ala bintang lima yang mudah dibuat, mari kita perhatikan beberapa tips di bawah ini.

Memilih buah dan sayur. Pilihlah buah dan sayur organik atau bebas pestisida, dan pastikan telah mencucinya sampai bersih dengan sabun food-grade. Kulit sitrus dapat meninggalkan rasa pahit sehingga Anda harus mengupasnya. Ingat pula bahwa segala jenis sitrus seperti lemon akan menimbulkan rasa pahit semakin berjalannya waktu, sehingga pastikan untuk tidak terlalu lama menghabiskan infused water yang telah Anda buat.

Berkreasi dengan wewangian dan rempah. Genggam rempah dengan perlahan di tangan untuk mengeluarkan minyak esensialnya sebelum dimasukkan ke dalam air. Apabila Anda menggunakan rempah mudah rontok seperti timi, bungkus timi dalam infused cloth sebelum memasukkannya ke dalam air.

Perhatikan ukuran potongan dan durasi merendam. Jangan memotong terlalu kecil atau tipis agar bahan tidak mudah hancur—1cm irisan timun atau lemon sudah cukup. Gunakan penyodok berujung tumpul ketika merendam bahan ke dalam air secara perlahan.

Jangan remehkan bahan utama. Agar mempermudah penyerapan rasa, pastikan bahwa Anda memasukkan es batu setelah mencampur buah dan menekannya perlahan ke dalam air. Anda juga bisa langsung memasukkannya ke dalam lemari es. Sesekali berkreasi dengan sparkling water juga dapat menambah sensasi segar pada infused water Anda.

Timing yang terpenting. Selain menggunakan bahan segar, mengetahui titik perendaman ideal dalam infused water juga penting untuk mendapatkan rasa terbaiknya. 4 jam merupakan rata-rata waktu terbaik untuk mendapatkan rasa yang seimbang. Apabila Anda mengonsumsinya dalam waktu lebih dari 12 jam, Anda dapat menambahkan air untuk “mengencerkan” rasa yang terlalu kuat.

Proporsi bahan yang tepat. Perhatikan 5 resep infused water mudah di bawah ini untuk mendapatkan kombinasi rasa dan proporsi yang sempurna:

Kiwi Strawberry Mint Infused Water oleh Eating Richly

BAHAN: 2 liter air | 1 buah kiwi (kupas dan iris) | 6 buah stroberi (buang daunnya dan iris) | 10 helai mint

Grapefruit Rosemary Infused Water oleh Christy Vega

BAHAN: 2 liter air | 2 buah grapefruit/jeruk bali (iris setengah lingkaran) |1 genggam rosemary (potong per tangkai)

Apple Spices Infused Water oleh Sugar & Soul

BAHAN: 1 liter air | 2 buah apel merah, iris tipis | 4 batang kayu manis | 6 buah adas bintang

Lemon Lime Cucumber Infused Water oleh Happy Foods Tube

BAHAN: 1 liter air | 2 lemon ukuran kecil-sedang, iris | 1-2 jeruk limau, iris | 1 buah mentimun ukuran besar, iris tipis. TIPS: cobalah bahan-bahan Anda terlebih dahulu. Apabila bagian kulit jeruk dan timun terasa amat pahit, Anda dapat mengupasnya.

Raspberry Basil Lime Infused Water oleh Detox DIY

BAHAN: 1 liter air | 150g rasberi, biarkan utuh | 1 jeruk limau, iris | 5 daun basil segar