‘Renegades: Born in The USA’, Amerika Serikat dari Kacamata Obama dan Springsteen

Profile24 February 2021

By Adelia Ayu

‘Renegades: Born in The USA’, Amerika Serikat dari Kacamata Obama dan Springsteen

Melalui podcast Spotify terbaru ‘Renegades: Born in The USA’, Barack Obama dan Bruce Springsteen melihat Amerika Serikat dari kacamata seorang masyarakat dan pemimpin.


Di tengah tren podcast, Spotify resmi meluncurkan seri podcast ‘Renegades: Born in The USA’ yang menampilkan kolaborasi Barack Obama dan Bruce Springsteen. Presiden ke-44 dan penyanyi legendaris Negeri Paman Sam tersebut berbagi cara pandang mereka tentang berbagai segi politik dan sosial di Amerika Serikat. Seri podcast ini terdiri dari 8 episode yang akan membahas politik hingga fatherhood.

Podcast ‘Renegades: Born in The USA’’ sendiri dideskripsikan oleh Spotify sebagai ‘sebuah diskusi mendalam antara kedua sahabat dalam mengeksplorasi pengalaman, nilai-nilai kepercayaan dan Negara tercinta – baik dari masa lalu, sekarang dan depan’. Seperti diketahui publik, Obama dan Springsteen bersahabat erat sejak mereka pertama kali bertemu di rangkaian kampanye kepresidenan Obama pada 2008 lalu.

Seri podcast ini diproduksi oleh perusahaan milik Barack dan Michelle Obama, Higher Ground. Kolaborasi antara Obama dan Springsteen menjadi kolaborasi profil terapik sepanjang sejarah podcast kolaborasi di layanan streaming platform tersebut.

Selain menjadi judul podcast, ‘Renegade’ sendiri merujuk kepada kode nama secret service Obama saat masih menjadi presiden dan ‘Born in The USA’ merujuk kepada album tersukses Springsteen. Kolaborasi Obama dan Spotify sendiri dimulai pada tahun 2019 dengan meluncurkan podcast milik sang istri, ‘The Michelle Obama Podcast’. Podcast tersebut berhasil menjadi top global podcast saat diluncurkan pada tahun lalu.

Secara garis besar, percakapan Obama dan Springsteen fokus kepada pemulihan di budaya dan konflik politik Amerika Serikat. Episode 1 ‘Outsiders: An Unlikely Friendship” dan Episode 2 ‘American Skin: Race in The United States’ sudah tersedia di Spotify.