Share
Rekomendasi Film Bertema Keluarga di Hari Ayah Nasional
Adelia Ayu
13 November 2020

Memperingati Hari Ayah Nasional yang jatuh pada hari ini (12/11), HighEnd menghadirkan sejumlah daftar film yang dapat ditonton bersama Ayah tercinta di Hari Ayah.


Layaknya seorang Ibu, peran ayah dalam keluarga pun tak kalah pentingnya. Sebagai pemimpin keluarga, ayah memberikan arahan dan menentukan keputusan-keputusan penting di dalamnya. Hari Ayah di Indonesia sendiri diprakarsai oleh sederet anak dan perempuan yang merasa penting ada hari selebrasi bagi sang kepala keluarga

Selain di Indonesia, sejumlah negara lain seperti Amerika Serikat, Selandia Baru, Papua Nugini dan Inggris juga merayakan Hari Ayah. Di perayaan Hari Ayah Nasional kali ini, HighEnd memberikan sederet rekomendasi film bertema ayah dan keluarga yang pas ditonton bersama sang ayah tercinta:

The Pursuit of Happyness

Film yang berdasarkan kisah nyata ini menceritakan perjuangan seorang stock brocker bernama Chris Gardner melawan sejumlah kesulitan hidup demi memberikan yang terbaik bagi sang anak. Pernah terpuruk hingga tak memiliki tempat tinggal, Chris yang diperankan Will Smith di dalam film menunjukkan kegigihan seorang ayah dalam berjuang menghidupi keluarganya. Selain jalan cerita yang bagus, akting pasangan ayah & anak, Will Smith dan Jaden Smith menyentuh hati dan mampu menguras air mata.

Life is Beautiful

Apabila ayah Anda pecinta film pemenang penghargaan, Life is Beautiful merupakan pilihan yang tepat. Mendapat 7 nominasi dan 3 penghargaan Academy Awards, termasuk aktor terbaik, film berlatar belakang Perang Dunia II ini menceritakan pengorbanan besar seorang ayah untuk membahagiakan sang anak dengan menutupi keadaan mereka sebagai tawanan perang melalui kamuflase yang ia ciptakan. Didukung dengan soundtrack dan akting yang berkelas, film keluaran tahun 1997 ini dapat membuat Anda memahami kasih sayang seorang ayah kepada anaknya.

Beast of The Southern Wild

Film drama peraih Oscar ini bercerita mengenai seorang gadis kecil, Hushpuppy yang diperankan Quvenzhane Wallis yang hidup dengan kemiskinan di daerah Louisiana bersama sang ayah.

Selain membahas soal sosial dan ekonomi, film rilisan tahun 2012 ini membahas pentingnya pengertian dan kesabaran di dalam sebuah hubungan orang tua dan anak. Berlatar belakang bencana alam, Beast of The Southern Wild juga menyadarkan pentingnya dukungan masing-masing anggota keluarga di dalam sebuah kejadian tak terduga.

A Beautiful Day in The Neighborhood

Selain mengulas kisah seorang jurnalis majalah yang memiliki hubungan rumit dengan sang ayah, film ini juga menceritakan tokoh Fred Roger dari acara televisi Mister Roger’s Neighborhood.

Terinspirasi dari profil Fred yang ditulis jurnalis Tom Junod untuk Majalah Esquire USA, film ini menekankan pentingnya memaafkan kesalahan dan tanggung jawab seorang ayah terhadap anak. Dibintangi oleh aktor kawakan Tom Hanks dan Matthew Rhys, A Beautiful Day in The Neighborhood merupakan tontonan yang pas untuk Hari Ayah.

The King’s Speech

Film biopic yang menceritakan kisah Raja George VI, ayah dari Ratu Elizabeth ini menampilkan sosok ayah yang rela keluar dari zona nyamannya demi mengemban tugas negara. Dibintangi oleh Colin Firth, film berlatar belakang keluarga Kerajaan Inggris ini patut menjadi contoh calon ayah atau para ayah untuk tetap professional di dalam pekerjaan meski hambatan menghadang. Selain kegigihan, The King’s Speech juga memperlihatkan keajaiban akan terjadi apabila kita mau berusaha.