Share
Rekomendasi Buku Favorit Member BTS yang Dapat Dibaca di Waktu Luang
Novita Angelina
23 October 2021

Para anggota boyband asal Korea Selatan BTS terkenal gemar membaca buku di waktu luangnya, terutama RM sang leader dari boyband BTS tersebut.


Sebuah pepatah mengatakan, buku adalah jendela dunia di mana kita bisa melihat isi dunia tanpa melakukan perjalanan. Tidak heran, lewat hobi membacanya ini, RM terkenal sebagai pribadi yang sangat cerdas dan bijak.

Tidak hanya RM, anggota BTS yang lainnya juga senang membaca buku. Tidak jarang juga lagu-lagu yang diciptakan oleh mereka terinspirasi dari buku yang dibacanya. Berikut tiga rekomendasi buku yang digemari oleh Jin, V, dan member yang lainnya.

1. Kim Jiyoung, Born 1982

Pada sebuah livestreaming, RM menjelaskan bahwa ia sedang membaca buku ini. Buku karangan Cho Nam-Joo ini mengangkat isu feminisme yang terjadi Korea Selatan karena permasalahan ini masih dianggap tabu oleh sebagian besar masyarakat. Novel ini bercerita tentang seorang perempuan Korea bernama Kim Jiyoung yang menghadapi permasalahan ketika harus membuat pilihan antara menjadi ibu rumah tangga atau kembali bekerja di kantor yang tanpa disadarinya telah mengganggu kesehatan mentalnya.

Selain RM BTS, banyak artis Korea Selatan lainnya yang juga membaca buku ini. Cerita novel ini juga sudah diangkat ke layar kaca dalam film berjudul sama.

2. Demian

Album BTS yang berjudul WINGS banyak terinspirasi dari buku Demian karya penulis Jerman bernama Hermann Hesse. Diketahui, para member telah membaca buku ini, terutama RM. Pada salah satu syuting video musik mereka di tahun 2015, RM terlihat asyik membaca buku ini ketika berada di belakang panggung.

Buku ini menceritakan tentang perjalanan spiritual dan proses realisasi diri dari seorang tokoh protagonis bernama Sinclair. Ia berhasil menemukan dirinya dengan bantuan seorang teman bernama Max Demian.

3. The Power of Language

Buku karya Shin Do Hyun dan Yoon Na Ru ini menjadi terkenal karena para penggemar BTS melihat Kim Taehyung atau lebih dikenal dengan V BTS ini sedang membaca buku ini ketika berada di Bandara Internasional Gimpo, Korea Selatan. Tidak lama, banyak dari mereka yang membeli buku ini dan ikut membacanya, sehingga buku ini menjadi best seller di beberapa negara.

Buku ini menjelaskan mengenai delapan tahap untuk mengembangkan kemampuan berbahasa, termasuk di antaranya pengembangan diri, sudut pandang, kecerdasan, gaya berbicara, menyimak, dan yang lainnya.