Refleksi Diri untuk Mencapai Diri yang Lebih Baik di Tahun Baru
Hamidah Khansa Sabila
16 January 2023

Refleksi diri dapat dilakukan untuk mengenal diri lebih lanjut dan memberikan perspektif baru dalam hidup. Lantas, bagaimana cara melakukan refleksi diri dengan baik?


Untuk menjadi pribadi yang lebih baik, penting bagi kita untuk mengenal diri lebih baik, mengenal masalah yang dimiliki, dan melihat kilas balik bagaimana kita telah menjalani hidup selama ini.

Memberikan perspektif hidup baru, memberikan solusi problem solving yang lebih baik dan efektif, dan mengenal diri Anda lebih jauh adalah beberapa hal yang dapat Anda ketahui lebih lanjut melalui refleksi diri.

Lantas, bagaimana cara melakukan refleksi diri atau self reflection yang baik? Dilansir dari Berkeley Well-Being Institute, berikut adalah beberapa cara yang dapat diikuti agar Anda dapat merefleksi diri guna menjadi pribadi yang lebih baik.

Lakukan dengan Pikiran Tenang

Ketika Anda berniat melakukan refleksi diri, baiknya Anda lakukan dengan pikiran yang tenang dan damai. Meditasi atau teknik lainnya yang dilakukan untuk mendapatkan ketenangan pikiran dapat dilakukan untuk mendapat kedamaian pikiran.

Kenali dan Tanya Diri

Agar refleksi diri dilakukan dengan baik dan efektif, baiknya anda memilih satu bagian atau isu yang ingin anda fokuskan. Hal ini dapat membantu anda mendalami isu tersebut hingga mendapat solusi yang lebih baik. Ketika anda telah memilih satu hal, tanyakan diri anda: bagaimana perasaan anda tentang hal ini? Menurut anda, apa masalah dari hal ini?

Mengamati Cara Anda Menjalani Hidup

Amati bagaimana anda telah menjalani kehidupan atau isu tersebut selama ini. Bagaimana anda menganggapi isu tersebut di masa lalu dan masa sekarang. Bagaimana Anda telah menjalani kehidupan sehari-hari di masa lalu, masa sekarang, hingga perkiraan masa depan dan bagaimana cara Anda membuat perbedaan dalam kehidupan Anda.