Rebound Relationship, Cinta atau Hanya Pelampiasan Belaka?
Dewi Anggriani Siregar
18 March 2022

Rebound Relationship menjadi pola yang tidak sehat dalam suatu hubungan dengan hanya menjadikannya sebagai suatu pelampiasan saja.


Putus dari hubungan percintaan tentu bukanlah hal yang mudah untuk diterima. Namun beberapa hal terkadang memaksa kita untuk tidak lagi meneruskan hubungan yang mungkin sudah terjalin lama. Hal ini karena hubungan tersebut dirasa sudah tidak bisa membawa kebahagiaan atau rasa nyaman satu sama lainnya.

Move on pun bukanlah yang mudah, perlu banyak waktu untuk bisa kembali beradaptasi dengan hidup kita yang baru. Tidak jarang terkadang kita memberanikan diri untuk memulai suatu hubungan baru, padahal kita sendiri belum benar-benar bisa move on dari kisah lama.

Hubungan tersebut tidak lain dan tidak bukan hanyalah sebagai pelampiasan belaka. Apakah Anda pernah mengalaminya, atau melihat orang terdekat Anda melakukannya? Jika iya, hal ini biasa disebut rebound relationship.

Mengenal Rebound Relationship

Rebound relationship adalah suatu keadaan di mana seseorang berusaha untuk menjalin hubungan baru hanya sebagai bentuk pelampiasan terhadap kisah cinta sebelumnya yang baru saja usai.

Rebound relationship ini pun dianggap dapat menjadi obat dan penghilang rasa sepi saat kita sedang down terhadap akhir suatu hubungan. Padahal, memaksakan sesuatu bukanlah hal yang sehat dan tidak baik apabila terus-menerus dilakukan.

Pelaku rebound relationship ini biasanya akan terus berkencan dengan orang-orang baru tanpa sepenuhnya melupakan hubungan dan orang pada hubungan sebelumnya.

Tanda-Tanda Rebound Relationship

Orang-orang yang melakukan rebound relationship ini juga biasanya tidak memiliki arah dan tujuan yang jelas dengan hubungannya. Lebih tepatnya, mereka tidak serius dalam menjalani hubungan sehingga tidak ada niatan untuk mengajak Anda lebih dekat dengan keluarga dan teman-temannya.

Orang yang melakukan rebound relationship ini juga cenderung suka mengungkit-ungkit masa lalu yang berhubungan dengan percintaan dia sebelumnya.

Cara Agar Keluar dari Rebound Relationship

Agar bisa keluar dan terhindar dari rebound relationship ini, cobalah untuk mulai berdamai dengan keadaan serta dirimu sendiri. Memaafkan luka di masa lalu dan memanfaatkan waktu sebaik mungkin dengan hubungan Anda yang baru serta melupakan bayang-bayang masa lalu. Fokus-lah terhadap hubungan dan pasangan Anda yang baru.