Share
Rayakan Idul Fitri, Inilah Hidangan Lebaran Khas Berbagai Negara Yang Nikmat
Vina Meliana
28 April 2022

Setelah kurang lebih selama 30 hari menjalani bulan puasa, umat Muslim di dunia melangsungkan idul fitri sebagai bentuk hari raya kemenangan. Perayaan idul fitri ini biasanya identik dengan kumpul bersama keluarga.


Saat merayakan idul fitri, mereka biasanya menghidangkan berbagai makanan yang khas dan selalu ada di tiap lebaran. Tentunya semua negara yang merayakan idul fitri mempunyai hidangan wajib untuk dinikmati di momen tersebut. Inilah sajian makanan khas Idul Fitri dari berbagai negara yang perlu Anda coba.

Ketupat

Ketupat merupakan makanan khas Indonesia yang wajib untuk dihidangkan saat idul fitri. Berbahan dasar nasi yang direbus dengan daun pisang membuat hidangan satu ini cocok dipadukan dengan lauk apapun. Umumnya masyarakat Muslim di Indonesia mengonsumsi ketupat dengan ayam gulai dan rendang karena merupakan perpaduan yang pas.

Borek

Memiliki populasi masyarakat Muslim yang cukup besar, membuat Turkey memiliki beragam hidangan lebaran yang nikmat. Salah satunya yang paling populer adalah Börek yang merupakan pastry panggang yang diisi dengan bayam ataupun daging sapi yang nikmat.

You Xiang

Walaupun Muslim di Tiongkok masuk kedalam minoritas di sana, tentu saja mereka tidak boleh melewatkan hidangan khas negaranya sebagai perayaan lebaran. You Xiang merupakan makanan khas Tiongkok yang merupakan bentuk keharmonisan untuk Muslim di Tiongkok. Cemilan khas lebaran ini berbahan dasar tepung yang digoreng dan menghasilkan cita rasa yang gurih dan crunchy.

Sheer Khurma

Bihun biasanya disajikan dengan cara digoreng ataupun direbus. Namun berbeda dengan makanan lebaran khas India ini, bihun dijadikan sebagai dessert dan dimasak bersama dengan pudding. Sheer kurma menciptakan rasa yang manis karena rasa dominan manis dari kurma.

Afghan Bolani

Roti pipih berbahan kentang yang dipanggang khas Afganistan ini dapat membuat Anda kenyang lebih lama karena berbahan dasar karbohidrat. Umumnya, masyarakat Afganistan akan menggunakan sauce yogurt supaya mendapatkan cita rasa yang gurih dan sedikit asam dari yogurt.